Powered By Blogger
"SELAMAT DATANG DI BLOG CORETAN GURU"

Minggu, 13 November 2011

RPP PAI SD KLS II SMT I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan             : SD Negeri Cilopang
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : II / 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   : 14  x 30  menit ( 5 x pertemuan)
      KKM                                 : 64

I.         Standar Kompetensi

1.      Menghafal Al-Qur’an

II. Kompetensi Dasar

1.1  Melafalkan huruf hijaiah
1.2 Mengenal tanda baca (harakat)

III. Indikator

  1. Siswa mampu melafalkan huruf hijaiyah dari alif sampai ya  dengan benar
  2. Siswa mampu menyebutkan 8 tanda baca
  3. Siswa mampu memjelaskan pengertian dasar harokat
  4. Siswa mampu menjelaskan pengertian dasar tanwin
  5. Siswa mampu memjelaskan pengertian dasar sukun
  6. Siswa mampu memjelaskan pengertian dasar sasydid
  7. Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah
  8. Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berdarokat fathah, kasrah
  9. Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah dhamah
  10. Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah,kasroh, dhamah
  11. Siswa mampu membaca huruf latin ke huruf arab sebanyak 10 kata

IV. Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang cara membaca  huruf hijaiyah siswa mampu melafalkan huruf hijaiyah dari alif sampai ya
2.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu menyebutkan 8 tanda baca
3.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu menjelaskan pengertian dasar harokat
4.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu menjelaskan pengertian dasar tanwin
5.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu menjelaskan pengertian dasar sukun
6.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu menjelaskan pengertian dasar tasydid
7.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah
8.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah kasroh
9.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah dhomah
10.  Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah, kasroh, dhomah
11.  Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang harokat siswa mampu membaca huruf latin ke huruf arab sebanyak 10 kata

V. Materi Ajar
v  Huruf hijaiah dan tanda baca

VI.  Rangkuman Materi

Huruf Hijaiyyah

ح
ج
ث
ت
ب

ا

س
ز
ر
ذ
د
خ
ع
ظ
ط
ض
ص
ش
م
ل
ك
ق
ف
غ

ي
ء
ه
و
ن


Tanda Baca

ٍ
ً
ُ
َ
ِ
ٖ
ٰ
ْٛ
ّ
ٌ



ٓ
ٗ


            Pengertian tanda harokat  
            Tanda harokat adalah suatu tanda untuk menyebutkan bunyi vokal a, i u an, in,un, tadz’if atau mematikan huruf.
            Arti tanwin atau pathah tain adalah tanda baris dua ditas yan berbunyi an
            Sukun atau jajm adalah tanda mati yang mana huruf dengan tanda itu suara vokatnya hilang
            Tasydid adalah menggandakan dua buah huruf yang sama
            Fathah adalah baris satu di atas dan berbunyi a
            Bacaan huruf hijaiyah yang berharokat fathah dan sasroh
            Contoh
كَ

رَ
تَ
يَ
اَ
لَ

غَ
نَ
تَ
سِ
كَ

بِ
بِ
نِ
اِ
رِ

نِ
سَ
نَ
نَ

            Yang berharokat fathah dhamah
            Contoh
حُ
جُ
ثَ
تَ
بُ

اَ

سَ
زَ
رُ
ذُ
دَ
خَ
عُ
ظُ
طُ
ضَ
صَ
شُ
مَ
لُ
كُ
قُ
فَ
غُ

يَ
ءَ
هُ
وَ
نُ

            Yang berharokat fathak, kasrah dan dhamah
            Contoh
حَ
جِ
ثِ
تَ
بُ

اُ

سُ
زُ
رَ
ذِ
دَ
خُ

عَ
ظُ
طُ
ضِ
صُ
شِ
مُ
لُ
كَ
قُ
فِ
غَ

يَ
ءُ
هَ
وَ
نِ

            Membaca huruf latin ke huruf arab
            Contoh
No
latin
arab
No
latin
arab
1
Buka pintu
بُ كَ  فِ نْ تُ
9
Ini buku
اِ نِ  بُ كُ
2
Makan roti
مَ كَ نْ  رَ تِ
10
Bapa Budi
بَ فَ  بُ دِ
3
Minum susu
مِ نُ مْ  سُ سُ
11
Ibu Nani
اِ بُ  نَ نِ
4
Makan basho
مَ كَ نْ بَ صَ
12
Saya Nita
سَ يَ  نِ تَ
5
Ambil air
اَ مْ بِ لْ  اَ اِ رْ
13
Bibi Sika
بِ بِ  سِ كَ
6
Bawa kitab
بَ وَ كِ تَ بْ
14
Kaka Rika
كَ كَ  رِفَ
7
Busana muslim
بُ سَ نَ  مُ سْ لِ مْ
15
Papantulis
فَ فَ نْ تُ لِ سْ
8
Adin tuthfi
اَ دِ نْ  لُ طْ فِ يْ
16
Itu kursi
اِ تُ  كُ رْ سِ

VII. Metode Belajar

v  Demonstrasi, hafalan, dan resitasi

VIII. Sumber Belajar
1. Kurikulum KTSP
2. Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas II
3. Buku Iqra’
4. CD huruf-huruf hijaiah
5. Radio, tape recorder bacaan Al-Qur’an, dan huruf hijaiah

IX. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal

1.         Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan berdoa bersama.
2.         Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membaca Surat Al Ashr
3.         Apersepsi
4.         Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
5.         Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.


B. Kegiatan Inti
1.         Siswa memdengarkan penjelasan guru mengenai lafal huruf hijaiyah dari alif sampai ya
2.         Siswa membaca berulang-ulang tentang bacaan  huruf hijaiyah dari alif sampai ya dengan bimbingan guru
3.         Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai 8 tanda baca
4.         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian dasar harokat
5.         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian dasar tanwin
6.         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian dasar sukun
7.         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian dasar tasydid
8.         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian dasar harokat
9.         Siswa dibimbing guru membaca huruf hijaiyah berharokat fathah
10.     Siswa dibimbing guru membaca huruf hijaiyah berharokat fathah, kasroh
11.     Siswa dibimbing guru membaca huruf hijaiyah berharokat fathah, dhomah
12.     Siswa dibimbing guru membaca huruf hijaiyah berharokat fathah, kasroh, dhomah
13.     Siswa dibimbing guru membaca huruf latin ke huruf arab sebanyak 10 kata
14.     Guru menanggapi hasil eksplorasi dan elaborasi
15.     Guru menjelaskan kembali mengenai materi yang telah disampaikan
16.     Guru melengkapi pendapat siswa yang dianggap kurang lengkap
17.     Guru memberikan penghargaan pada siswa yang bisa menjawab

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.         Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.         Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.         Guru memberikan tugas tersruktur
4.         Guru memberikan rencana ajar yang akan datang

VIII. Penilaian
A. Tes Lisan
Setiap siswa diminta melafalkan huruf hijaiah mulai alif sampai ya dengan fasih dan benar.
B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa.
C. Tes Perbuatan
Beberapa orang siswa diminta mendemonstrasikan lafal huruf hijaiah di depan kelas.

Instrumen
1.      Lafalkan huruf hijaiyah dari alif sampai ya  dengan benar !
2.      Sebutkan 8 tanda baca  !
3.      Jelaskan pengertian dasar harokat !
4.      Jelaskan pengertian dasar tanwin !
5.      Jelaskan pengertian dasar sukun !
6.      Jelaskan pengertian dasar sasydid !
7.      Bacalah huruf hijaiyah yang berharokat fathah !
8.      Bacakan huruf hijaiyah yan berdarokat fathah dan kasrah !
9.      Bacalah huruf hijaiyah yang berharokat fathah dhamah !
10.  Bacalah huruf hijaiyah yang berharokat fathah,kasroh dan dhamah !
11.  Baca dan salin huruf latin ke huruf arab sebanyak 10 kata tabel berikut !
No
latin
arab
No
latin
arab
1
Buka pintu
....................
9
Ini buku
....................
2
Makan roti
....................
10
Bapa Budi
....................
3
Minum susu
....................
11
Ibu Nani
....................
4
Makan basho
....................
12
Saya Nita
....................
5
Ambil air
....................
13
Bibi Sika
....................
6
Bawa kitab
....................
14
Kaka Rika
....................
7
Busana muslim
....................
15
Papantulis
....................
8
Adin tuthfi
....................
16
Itu kursi
....................

Kunci jawaban
1.      Huruf Hijaiyyah
ح
ج
ث
ت
ب
ا
س
ز
ر
ذ
د
خ
ع
ظ
ط
ض
ص
ش
م
ل
ك
ق
ف
غ

ي
ء
ه
و
ن
2.      Tanda Baca
ٍ
ً
ُ
َ
ِ
ٖ
ٰ
ْٛ
ّ
ٌ



ٓ
ٗ



3.      Tanda harokat adalah suatu tanda untuk menyebutkan bunyi vokal a, i u an, in,un, tadz’if atau mematikan huruf.
4.      Arti tanwin atau pathah tain adalah tanda baris dua ditas yan berbunyi an
5.      Sukun atau jajm adalah tanda mati yang mana huruf dengan tanda itu suara vokatnya hilang
6.      Tasydid adalah menggandakan dua buah huruf yang sama
7.       
رَ
تَ
يَ
اَ
غَ
نَ
تَ
سِ
8.       
لَ

غَ
نَ
تَ
سِ
كَ

بِ
بِ
نِ
اِ
رِ

نِ
سَ
نَ
نَ






حُ
جُ
ثَ
تَ
بُ
اَ
سَ
زَ
رُ
ذُ
دَ
خَ
عُ
ظُ
طُ
ضَ
صَ
شُ
مَ
لُ
كُ
قُ
فَ
غُ

يَ
ءَ
هُ
وَ
نُ

9.       
حَ
جِ
ثِ
تَ
بُ

اُ

سُ
زُ
رَ
ذِ
دَ
خُ
عَ
ظُ
طُ
ضِ
صُ
شِ
مُ
لُ
كَ
قُ
فِ
غَ

يَ
ءُ
هَ
وَ
نِ

10.   

No
latin
arab
No
latin
arab
1
Buka pintu
بُ كَ  فِ نْ تُ
9
Ini buku
اِ نِ  بُ كُ
2
Makan roti
مَ كَ نْ  رَ تِ
10
Bapa Budi
بَ فَ  بُ دِ
3
Minum susu
مِ نُ مْ  سُ سُ
11
Ibu Nani
اِ بُ  نَ نِ
4
Makan basho
مَ كَ نْ بَ صَ
12
Saya Nita
سَ يَ  نِ تَ
5
Ambil air
اَ مْ بِ لْ  اَ اِ رْ
13
Bibi Sika
بِ بِ  سِ كَ
6
Bawa kitab
بَ وَ كِ تَ بْ
14
Kaka Rika
كَ كَ  رِفَ
7
Busana muslim
بُ سَ نَ  مُ سْ لِ مْ
15
Papantulis
فَ فَ نْ تُ لِ سْ
8
Adin tuthfi
اَ دِ نْ  لُ طْ فِ يْ
16
Itu kursi
اِ تُ  كُ رْ سِ

Cilopang,   Juli 2011
  
         Kepala Sekolah                                                                            GPAI



      YOYO, A.Ma.Pd.                                                                     AMIN,S.Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002                                                            NIP. 19631001 198610 1 001


              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan                         : SD Negeri Cilopang
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : II / 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   :  9 x 30  menit (  3  x pertemuan)
      KKM                                 : 64

I.         Standar Kompetensi

2. Mengenal asmaul husna

II.   Kompetensi Dasar

2.1 Menyebutkan lima dari asmaul husna
2.2 Mengartikan lima dari asmaul husna

III. Indikator
  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian asmaul husna
  2. Siswa mampu menyebutkan jumlah asmaul husna
  3. Siswa mampu menyebutkan 5 asmaul husna Ar Rohman, Ar Rohim, Al Ahad, Al Malik, As Shamad
  4. Siswa mampu menyebutkan arti Ar Rohman   
  5. Siswa mampu menyebutkan arti Ar Rohim
  6. Siswa mampu menyebutkan arti Al Ahad
  7. Siswa mampu menyebutkan arti Al Malik
  8. Siswa mampu menyebutkan arti As Shamad

IV. Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menjelaskan pengertian asmaul husna
2.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan jumlah asmaul husna
3.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan 5 asmaul husna Ar Rohman, Ar Rohim, Al Ahad, Al Malik, As Somad
4.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan arti ar Rohman
5.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan arti ar Rohim
6.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan arti al Ahad
7.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan arti al Malik
8.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan arti as Somad


V. Materi Ajar

v  Asmaul Husna

VI. Uraian Materi
            Pengertian Asmaul husna

Pengertian Asmaul Husna secara bahasa nama-nama Allah yang baik. Menurut istilah nama-nama yang baik yang hanya dimiliki oleh Allah swt sebagai bukti akan keagungaNya.

            Jumlah Asmaul Hisna
            Asmaul Husja berjumlah 99, yang diantaranya adalah  :
    5 Asmaul Husna                                              Artinya :
            ● Ar Rohman                                       ● Ar Rohman:  Maha Pengasih
            ● Ar Rohim                                         ● Ar Rohim: Maha Penyayang
            ● Al Ahad                                           ●Al Ahad : Maha Esa
            ●Al Malik                                            ● Al Malik: Maha Merajai
            ● As Shomad                                      ● As Shomad: Yang dibutuhkan       
VI. Metode Belajar

v  Demonstrasi, hafalan, dan resitasi

VII. Sumber Belajar
1. Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas II
2. Lembaran asmaul husna/daftar asmaul husna
3. CD tentang bacaan asmaul husna
4. Tape recorder bacaan asmaul husna

VIII. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal
1.       Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan berdoa bersama.
2.       Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membaca Surat An Nashr
3.       Apersepsi
4.       Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
5.       Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
1.         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian asmaul husna
2.         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang jumlah asmaul husna
3.         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian asmaul husna
4.         Siswa menyebutkan 5 asmaul husna Ar Rohman, Ar Rohim, Al Ahad, Al Malik, As Shamad
5.         Siswa menyebutkan arti Ar Rohman
6.         Siswa menyebutkan arti Ar Rohim
7.         Siswa menyebutkan arti Al Ahad
8.         Siswa menyebutkan arti Al Malik
9.         Siswa menyebutkan arti As Somad
10.     Guru menanggapi hasil eksplorasi dan elaborasi
11.     Guru menjelaskan kembali mengenai materi yang telah disampaikan
12.     Guru melengkapi pendapat siswa yang dianggap kurang lengkap
13.     Guru memberikan penghargaan pada siswa yang bisa menjawab

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.         Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.         Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.         Guru memberikan tugas tersruktur
4.         Guru memberikan rencana ajar yang akan datang

VIII. Penilaian

A. Tes Lisan

v  Setiap siswa diminta untuk melafalkan beberapa bacaan asmaul husna dengan fasih dan benar. Hal itu bertujuan untuk melihat dan mendengarkan kemampuan siswa dalam melafalkan asmaul husna.

B. Tes Tertulis

v  Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa.

C. Tes Perbuatan

v  Beberapa orang siswa diminta mendemonstrasikan lafal asmaul husna di depan kelas.


Instrumen
1.      Jelaskan pengertian asmaul husna !
2.      Sebutkan jumlah asmaul husna !
3.      Sebutkan 5 Asmaul Husna !
4.      Sebutkan arti Ar Rohman     !
5.      Sebutkan arti Ar Rohim !
6.      Sebutkan arti Al Ahad!
7.      Sebutkan arti Al Malik !
8.      Sebutkan arti As Shamad !


Lembar jawaban


1.      Pengertian Asmaul Husna secara bahasa nama-nama Allah yang baik. Menurut istilah nama-nama yang baik yang hanya dimiliki oleh Allah swt sebagai bukti akan keagungaNya.
2.      99
3.      Ar Rohman                 
Ar Rohim                      
Al Ahad                        
Al Malik                       
As Shomad                   
4.      Ar Rohman:  Maha Pengasih
5.      Ar Rohim: Maha Penyayang
6.      Al Ahad : Maha Esa
7.      Al Malik: Maha Merajai
8.      As Shomad: Yang dibutuhkan


Cilopang,   Juli 2011
Menyetujui,
         Kepala Sekolah                                                                              GPAI



  JAJA SUTARJA, S.Pd.                                                                  O KARSAN
NIP. 19530613 197512 1 003                                                NIP. 19560410 198412 1 002


                  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan                         : SD Negeri Cilopang
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : II / 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   :  9  x 30  menit ( 3 x pertemuan)
      KKM                                 : 62

I.         Standar Kompetensi

3.  Membiasakan perilaku terpuji

II. Kompetensi Dasar

3.1 Menampilkan perilaku rendah hati
3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana
3.3 Menampilkan adab buang air besar dan air kecil

III. Indikator
  1. Siswa mampu menyebutkan pengertian rendah hati
  2. Siswa mampu menyebutkan 4 ciri perilaku rendah hati
  3. Siswa mampu menyebutkan keuntungan orang yang rendah hati
  4. Siswa mampu memjelaskan pengertian hidup sederhana
  5. Siswa  mampu menyebutkan keuntungan perilaku hidup sederhana
  6. Siswa mampu menyebutkan adab buang air
  7. Siswa mampu melafalkan doa masuk WC
  8. Siswa mampu melafalkan doa keluar WC

IV. Tujuan Pembelajaran

1.         Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menjelaskan pengertian rendah hati
2.         Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menyebutkan 4 ciri perilaku rendah hati
3.         Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menyebutkan keuntungan orang yang rendah hati
4.         Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menjelaskan pengertian hidup sederhana
5.         Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menyebutkan keuntungan hidup sederhana
6.         Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menyebutkan adab buang air
7.         Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan doa masuk WC
8.         Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan doa keluar WC

V. Materi Ajar
v  Perilaku terpuji

VI. Uraian Materi
            Pengertian rendah hati
Tawadhu / rendah hati  ialah bersikap tenang, sederhana dan sungguh-sungguh menjauhi perbuatan takabbur (sombong), ataupun sum’ah ingin diketahui orang lain amal kebaikan kita.
Ciri-ciri rendah hati
Tanda orang yang rendah hati / tawadhu’ adalah disaat seseorang semakin bertambah ilmunya maka semakin bertambah pula sikap tawadhu’ dan kasih sayangnya. Dan semakin bertambah amalnya maka semakin meningkat pula rasa takut dan waspadanya. Setiap kali bertambah usianya maka semakin berkuranglah ketamakan nafsunya. Setiap kali bertambah hartanya maka bertambahlah kedermawanan dan kemauannya untuk membantu sesama. Dan setiap kali bertambah tinggi kedudukan dan posisinya maka semakin dekat pula dia dengan manusia dan berusaha untuk menunaikan berbagai kebutuhan mereka serta bersikap rendah hati kepada mereka.. Ini karena orang yang tawadhu menyadari akan segala nikmat yang didapatnya adalah dari Allah SWT, untuk mengujinya apakah ia bersykur atau kufur.

Keuntungan orang yang rendah hati

Orang yang mempunyai sifat rendah hati akan mempunyai keuntungan diantaranya adalah :
a.       Tidak diganggu orang
b.      Dijauhkan dari fitnah
c.       Tikad mempunyai musuh
d.      Jika menemui kesulitan banyak orang yang menolongnya

Pengertian hidup sederhana
Hidup sederhana adalah menggunakan sesuatu tidak berlebihan

Keuntungan hidup sederhana
Salah satu keuntungan hidup sederhana adalah :
-          Mengutamakan kebutuhan yang lebih penting atau pokok
-          Dapat menghemat pengeluaran
-          Menjayhkan diri dari kemiskinan
-          Dapat menyisihkan sebagian harta untuk membantu orang lain
-          Dapat menyisihkan dana untuk hal –hal yang lebih penting

Adab buang air
1. Berdoa
        Membaca doa ketika hendak masuk tandas atau bilik mandi
        Dari Anas bin Malik r.a.
        "Adalah Nabi s.a.w. apabila masuk tempat buang air baginda berdoa:
اللَّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْجَبَاءِثِ
      Aku berlindung kepada Mu daripada kejeleken dan barang-barang yang jelek (jijik)

            2. Tidak membawa barang-barang yang bertulis nama Allah atau Al Quran  
 3. Dilarang bercakap-cakap  
 4. Dilarang memegang kemaluan dengan tangan kanan
 5. Dilarang kencing berdiri
6. Dilarang menghadap kiblat atau membelakangi kiblat
7. Mencari tanah yang lembut  
 8. Dilarang buang air di lubang-lubang atau sarang serangga dan di liang
9. Dilarang membuang air (berak atau kencing) di jalan atau tempat berteduh  
10. Dilarang buang air di air yang tenang  
11. Dilarang buar air di tempat mandi dan wudhu'  
12. Wajib istinja' dengan batu atau dengan air  
13 Berdoa selepas buang air
Dari Aisyah r.a.
"Adalah Nabi s.a.w. apabila keluar dari tempat buang air ia membaca
غُفْرَانَكَ
Aku mengharap keampunanMu
Dari Anas r.a. :
Adalah Nabi s.a.w. apabila keluar dari tempat buang air ia mengucapkan"
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَ ذٰى وَعَافَانِى
Segala pujian bagi Allah, yang telah menghilangkan gangguan
daripadaku dan yang telah menjagaku
(Hadis riwayat Ibnu Majjah)

VII. Metode Belajar

v  Demonstrasi, hafalan, dan resitasi

VIII. Sumber Belajar

1. Buku Khazanah Pendidikan Agama Islam SD 2 untuk Kelas II terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. CD atau kaset bacaan doa masuk dan keluar kamar mandi

VIII. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal
1.      Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan berdoa bersama.
2.      Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membaca Surat Al Kautsar
3.      Apersepsi
4.      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
5.      Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.




B. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian rendah hati
  2. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang 4 ciri perilaku rendah hati
  3. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang keuntungan orang yang rendah hati
  4. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian hidup sederhana
  5. Siswa  mendengarkan penjelasan guru tentang keuntungan perilaku hidup sederhana
  6. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang adab buang air
  7. Siswa dengan bimbingan guru melafalkan doa masuk WC
  8. Siswa dengan bimbingan guru melafalkan doa keluar WC
9.      Guru menanggapi hasil eksplorasi dan elaborasi
10.  Guru menjelaskan kembali mengenai materi yang telah disampaikan
11.  Guru melengkapi pendapat siswa yang dianggap kurang lengkap
12.  Guru memberikan penghargaan pada siswa yang bisa menjawab

C. Kegiatan Akhir (Penutup)

1.      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.      Guru memberikan tugas tersruktur
4.      Guru memberikan rencana ajar yang akan datang

VIII. Penilaian

A. Tes Lisan

v  Setiap siswa diminta untuk melafalkan doa masuk dan keluar dari kamar mandi.

B. Tes Tertulis

v  Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa.

C. Tes Perbuatan

v  Beberapa siswa diminta mendemonstrasikan doa masuk dan keluar kamar mandi.

Instrumen

1.      Sebutkan pengertian rendah hati !
2.      Sebutkan 4 ciri perilaku rendah hati !
3.      Sebutkan keuntungan orang yang rendah hati !
4.      Jelaskan pengertian hidup sederhana !
5.      Sebutkan keuntungan perilaku hidup sederhana !
6.      Sebutkan adab buang air !
7.      Lafalkan doa masuk WC !
8.      Lafalkan doa keluar WC

Kunci jawaban
1.      Tawadhu / rendah hati  ialah bersikap tenang, sederhana dan sungguh-sungguh menjauhi perbuatan takabbur (sombong), ataupun sum’ah ingin diketahui orang lain amal kebaikan kita.
2.      Ciri-cirinya adalah : tidak sombong, ramah, santun, menjahkan diri dari sifat riya, berpenampilan wajar .
3.      Orang yang mempunyai sifat rendah hati akan mempunyai keuntungan diantaranya adalah :
a.       Tidak diganggu orang
b.      Dijauhkan dari fitnah
c.       Tikad mempunyai musuh
d.      Jika menemui kesulitan banyak orang yang menolongnya
4.      Hidup sederhana adalah menggunakan sesuatu tidak berlebihan
5.      Salah satu keuntungan hidup sederhana adalah :
- Mengutamakan kebutuhan yang lebih penting atau pokok
- Dapat menghemat pengeluaran
- Menjayhkan diri dari kemiskinan
- Dapat menyisihkan sebagian harta untuk membantu orang lain
- Dapat menyisihkan dana untuk hal –hal yang lebih penting
6.      Adab buang air
1.       ber doa
2.      Tidak membawa barang-barang yang bertulis nama Allah atau Al Quran  
3.       Dilarang bercakap-cakap  
4.       Dilarang memegang kemaluan dengan tangan kanan
5.        Dilarang kencing berdiri
6.      Dilarang menghadap kiblat atau membelakangi kiblat
7.      Mencari tanah yang lembut  
8.       Dilarang buang air di lubang-lubang atau sarang serangga dan di liang
9.      Dilarang membuang air (berak atau kencing) di jalan atau tempat berteduh  
10.  Dilarang buang air di air yang tenang  
11.  Dilarang buar air di tempat mandi dan wudhu'  
12.  Wajib istinja' dengan batu atau dengan air  
13.  Berdoa selepas buang air
اللَّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْجَبَاءِثِ7.  
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَ ذٰى وَعَافَانِى         8.


                Cilopang,   Juli 2011
         Kepala Sekolah                                                                                           GPAI



      YOYO, A.Ma.Pd.                                                                                       AMIN,S.Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002                                                            NIP. 19631001 198610 1 001



               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan                         : SD Negeri Cilopang
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : II / 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   :  9  x 30  menit ( 3  x pertemuan)
      KKM                                 : 63

I.         Standar Kompetensi

4.  Mengenal tata cara wudu

II. Kompetensi Dasar
4.1 Membiasakan wudu dengan tertib
4.2 Membaca doa setelah wudu

III. Indikator
  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian wudlu
  2. Siswa mampu menyebutkan rukun wudlu
  3. Siswa mampu menyebutkan sunah wudlu
  4. Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu
  5. Siswa mampu melafalkan niat wudlu
  6. Siswa mampu mempraktekkan berwudlu
  7. Siswa mampu melafalkan doa setelah berwudlu

IV. Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menjelaskan pengertian wudlu
2.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menyebutkan rukun wudlu
3.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menyebutkan sunah wudlu
4.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menyebutkan hal – hal yang membatalkan wudlu
5.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan niat wudlu
6.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu mempraktekkan berwudlu 
7.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan doa setelah berwudlu

V. Materi Ajar
v  Tata cara wudu

VI. Uraian Materi

Pengertian wudlu

Wudlu artinya bersih, wudlu menurut istilah adalah membersihkan atau mensucikan hadats kecil.

Rukun wudlu
Rukun adalah suatu yang di kerjakan ketika melakukan pekerjaan itu. diantra rukun wudlu enam yaitu:
1. Niat "nawaitul wudlua li rof'il hadastil asghori fardla lillahi Ta'ala"{saya niat wudlu untuk menghilangkan hadast kecil fardu(wajib) karena Allah}
2. Membasuh muka rata. mulai dari ujung rambut sampai dengan pangkal janggut.
3. Membasuh kedua tangan. mulai ujung jari sampai siku-siku
4. Mengusap sebagian rambut
5. Membasuh kaki sampai kedua mata kaki
6. Tertib

Sunat wudlu
Sunah adalah apabila kita kerjakan maka kita akan mendapat pahala dan apabia kita tinggalkan tidak apa-apa. adapun sunah-sunah wudlu sangat banyak sekali, diantaranya adalah:
1.      Membaca bismilah sebelum wudlu
2.      Mencuci tangan
3.      Berkumur-kumur
4.      Mencuci hidung dengan air
5.      Mengusap kedua daun telinga setelah mengusap rambut
6.      Berdoa setelah wudlu "ya allah jadikanlah kami termasuk orng-orang yang taubat, orang-orang yang suci, dan golongkanlah kami kedalam orang-orang yang soleh"

Hal – hal yang membatalkan wudlu
Adapun hal-hal yang membatalkan wudlu adalah :
1.      Ada yang keluar dari salah qubul atau dzubur, kecuali mani
2.      Hilang akal baik pingsan ataupun gila
3.      Tidur , kecuali yang pantatnya rapat dengan tempat duduk
4.      Menyentuk lubang qubul atau dzubur dengan telapak tangan yang tidak ada penghalang
5.      Bersentuhan dengan lawan jenis yang sudah balig dan bukan mahromnya
6.      Riddah/ keluar dari islam / murtad

Niat wudlu
نَـوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِــرَفْـــعِ الْــحَــدَثِ الْاَسْــغَـرِ فَرْضًـا ِللهِ تَعَـالٰى
 
              Artinya :
Aku berwudlu untuk menghilangkan hadats kecit wajib karena Allah Ta’ala

Praktek wudlu
Langkah – langkah wudhu adalah sebagai berikut:
1.      Langkah pertama mengucapkan masmalah
2.      Kemudian mencuci telapak tangan tiga kali.
3.      Kemudian berkumur dan istinsyaq (yaitu memasukkan air ke hidung) tiga kali.
4.      Kemudian membasuh wajahnya tiga kali. Yaitu secara melebar dari telinga ke telinga dan memanjang dari mulai tempat biasanya tumbuhnya rambut di kepala bagian atas sampai ke ujung dagu/jenggot, dan pada basuhan pertama sambil mengucapkan miat dalam hati
5.      Kemudian membasuh kedua tangannya tiga kali dari mulai ujung jari tangan sampai ke siku dan ditambah satu telapak tangan, dimulai dari tangan yang kanan dan setelah itu yang kiri.
6.      Kemudian mengusap sebagian kepala tiga kali yaitu dengan membasahi kedua telapak tangannya dan mengusapkannya dari mulai bagian depan kepala terus ke belakang hingga batas tengkuknya dan kemudian dikembalikan ke bagian depan kepala lagi.
7.      Kemudian mengusap kedua telinganya  tiga kali dengan memasukkan kedua telunjuknya ke bagian dalam lubang telinga dan kedua ibu jarinya mengusap bagian luar telinga.
8.      Kemudian membasuh kakinya tiga kali dimulai dari ujung jari kaki sampai ke kedua mata kaki. Dimulai dari kaki yang kanan dan setelah itu kaki yang kiri.
Do’a Setelah wudlu

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ    اللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ واجْعَلْنِيْ مِنَ الْـمُتَطهِّرِينَ

VII. Metode Belajar

v  Demonstrasi, hafalan, dan resitasi

VIII. Sumber Belajar

1. Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas
2. Gambar praktik berwudu

IX. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal

1.      Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan berdoa bersama.
2.      Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membaca Surat An Fatihah
3.      Apersepsi
4.      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
5.      Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian wudlu
  2. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang rukun wudlu
  3. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang   sunah wudlu
  4. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang  hal-hal yang membatalkan wudlu
  5. Siswa dibimbing guru melafalkan niat wudlu
  6. Siswa dibimbing guru   mempraktekkan berwudlu
  7. Siswa dibimbing guru  melafalkan doa setelah berwudlu
8.      Guru menanggapi hasil eksplorasi dan elaborasi
9.      Guru menjelaskan kembali mengenai materi yang telah disampaikan

10.  Guru melengkapi pendapat siswa yang dianggap kurang lengkap
  1. Guru memberikan penghargaan pada siswa yang bisa menjawab
C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.      Guru memberikan tugas tersruktur
4.      Guru memberikan rencana ajar yang akan datang

VIII. Penilaian

A. Tes Lisan

v  Setiap siswa diminta untuk melafalkan doa sebelum dan sesudah wudu.

B. Tes Tertulis

v  Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa.

C. Tes Perbuatan

v  Beberapa siswa diminta mendemonstrasikan tata cara wudu yang benar dengan tertib.

Instrumen
     
1.      Coba jelaskan pengertian wudlu !
2.      Sebutkan rukun wudlu !
3.      Sebutkan sunah wudlu !
4.      Sebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu !
5.      Lafalkan niat wudlu !
6.      Praktekkan cara berwudlu !
7.      Lafalkan doa setelah berwudlu !

Kunci jawaban

1.      Wudlu artinya bersih, wudlu menurut istilah adalah membersihkan atau mensucikan hadats kecil.
2.      Rukun  wudlu adalah ada enam yaitu:
-          Niat "nawaitul wudlua li rof'il hadastil asghori fardla lillahi Ta'ala"{saya niat wudlu --untuk menghilangkan hadast kecil fardu(wajib) karena Allah}
-          Membasuh muka rata. mulai dari ujung rambut sampai dengan pangkal janggut.
-          Membasuh kedua tangan. mulai ujung jari sampai siku-siku
-          Mengusap sebagian rambut
-          Membasuh kaki sampai kedua mata kaki
-          Tertib
3.      Sunah-sunah wudlu  diantaranya adalah:
-          Membaca bismilah sebelum wudlu
-          Mencuci tangan
-          Berkumur-kumur
-          Mencuci hidung dengan air
-          Mengusap kedua daun telinga setelah mengusap rambut

-          Berdoa setelah wudlu "ya allah jadikanlah kami termasuk orng-orang yang taubat, orang-orang yang suci, dan golongkanlah kami kedalam orang-orang yang soleh"
4.      Adapun hal-hal yang membatalkan wudlu adalah :
-          Ada yang keluar dari salah qubul atau dzubur, kecuali mani
-          Hilang akal baik pingsan ataupun gila
-          Tidur , kecuali yang pantatnya rapat dengan tempat duduk
-          Menyentuk lubang qubul atau dzubur dengan telapak tangan yang tidak ada penghalang
-          Bersentuhan dengan lawan jenis yang sudah balig dan bukan mahromnya
-          Riddah/ keluar dari islam / murtad
5.      Niat wudlu
نَـوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِــرَفْـــعِ الْــحَــدَثِ الْاَسْــغَـرِ فَرْضًـا ِللهِ تَعَـالٰى
6.     
7.      Doa setelah wudlu
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ    اللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ واجْعَلْنِيْ مِنَ الْـمُتَطهِّرِينَ


Cilopang,   Juli 2011
         Kepala Sekolah                                                                            GPAI



      YOYO, A.Ma.Pd.                                                                     AMIN,S.Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002                                                            NIP. 19631001 198610 1 001



                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan                         : SD Negeri Cilopang
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : II / 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   :   9   x 30  menit (  3  x pertemuan)
      KKM                                 : 62

I.         Standar Kompetensi

5.      Menghafal bacaan salat

II. Kompetensi Dasar
5.1 Melafalkan bacaan salat
5.2 Menghafal bacaan salat

III. Indikator
  1. Siswa mampu melafalkan niat shalat subuh
  2. Siswa mampu melafalkan niat shalat dhuhur
  3. Siswa mampu melafalkan niat shalat asar
  4. Siswa mampu melafalkan niat shalat magrib
  5. Siswa mampu melafalkan niat shalat isa
  6. Siswa mampu melafalkan takbiratul ihrom
  7. Siswa mampu melafalkan doa iftitah
  8. Siswa mampu melafalkan surat Al Fatihah
  9. Siswa mampu melafalkan salah satu surat pendek
10.  Siswa mampu melafalkan bacaan ruku
  1. Siswa mampu melafalkan bacaan itidal
  2. Siswa mampu melafalkan bacaan sujud
  3. Siswa mampu melafalkan bacaan duduk diantara dua sujud
  4. Siswa mampu melafalkan bacaan tasyahud awal
  5. Siswa mampu melafalkan bacaan tasyahud akhir
16.  Siswa mampu melafalkan bacaan shalat dari awal sampai akhir

IV. Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan niat shalat subuh
2.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan niat shalat dhuhur
3.     Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan niat shalat asar
4.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan niat shalat magrib
5.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan niat shalat isya
6.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan takbiratul ihrom
7.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan surat Al Fatihah
8.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan salah satu surat pendek
9.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan bacaan rukuk
10.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan bacaan i’tidal
11.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan bacaan sujud
12.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan bacaan duduk di antara dua sujud
13.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan bacaan tasyahud awal
14.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan bacaan tasyahud akhir
15.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu melafalkan bacaan sholat dari awal sampai akhir

V. Materi Ajar

v  Bacaan salat

VI. Uraian materi

-          Lafadz niat shalat subuh

اُصَلِّى فَـرْضَ الــصُّــبْحِ رَكْــعَتَيْـنِ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
-          Lafadz niat shalat dhuhur
اُصَلِّى فَـرْضَ الــظُّهْـرِ اَرْبَــعَ رَكَـعَـاتٍ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
-       Lafadz niat salat  Asar
اُصَلِّى فَـرْضَ الْــعَصْــرِ اَرْبَــعَ رَكَـعَـاتٍ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
-       Lafadz niat shalat Maghrib
اُصَلِّى فَـرْضَ الــمَغْــرِبِ ثَــلَاثَ رَكَـعَـاتٍ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
-          Lafadz niat shalat Isa
اُصَلِّى فَـرْضَ الــعِشَــاءِ اَرْبَــعَ رَكَـعَـاتٍ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
-          Bacaan Takbiratulikhram

اللهُ اَكْبَـرُ
-       Bacaan doa iftitah   

اللهُ اَكْبَـرُ كَبِيْــرًا وَّالْحَمْــدُ لِلّٰهِ كَثِـيْــرًا وَسُـبْحَـانَ اللهِ بُكْــرَةً وَّاَصِــيْـلًا . اِنِّـىْ وَجَّــهْــتُ وَجْــهِــىَ لِلَّـذِيْ فَــطَــرَ السَّــمٰـوَاتِ وَالْاَرْضَ حَـنِــيْـفًا مُـسْــلِـمًا وَّمَـا اَنَا مِــنَ

الْمُــشْــرِكِــيْنَ. اِنَّ الصَّــلَاتِى وَنُسُـــكِــى وَ مَحْــيَـايَ وَمَمَــاتِــى ِللهِ رَبِّ الْــعَــالَمِــيْـنَ . لَاشَــرِيْــكَ لَــهٗ وَبِــذٰلِـكَ اُمِــرْتُ وَاَنَـا مِــنَ الْــمُسْــلِمِــيْــنَ.

-       Surat Fatihah

بِـسْــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِـيْــمِ ۝ اَلْحَمْـدُ ِللهِ رَبِّ الْعَــالَمِيْـنَ ۝ الرَّحْمٰنِ الرَّحِـيْــمِ ۝ مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ ۝ اِيَّاكَ نَــعْــبُـدُ وَاِيّاكَ نَسْتَعِيْنُ ۝ اِهْـدِنَا الصِّـرَاطَ الْمُسْتَقِـيْمَ ۝ صِـرَاطَ الَّـذِيْنَ اَنْعَمْـتَ عَـلَيْــهِمْ غَيْـرِ الْمَغْـضُوْبِ عَـلَيْــهِمْ وَ لَا الضَّـآلِّيْـنَ ۝
-          Surat Pendek
تَبَّتْ يَـدَآ أَبِىْ لَهَـبٍ وَتَبَّ۝ مَآ أَغْنٰى عَنْهُ مَـالُهٗ وَمَا كَسَـبَ ۝ سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَـبٍ ۝ وَامْـرَأَتُـهٗ حَـمَّالَةَ الْحَـطَـبِ ۝ فِى جِيْـدِهَـا حَبْلٌ مِّـنْ مَّسَـدٍ ۝
-          Bacaan Ruku
سُبْــحَانَ رَبِّــيَ الْــعَــظِــيْمِ وَبِحَــمْـدِهٖ ٣X
-       Bacaan Bangkit Dari Ruku
سَمِــعَ اللهُ لِمَـنْ حَمِـدَهٗ

-          Bacaan ‘Itidal

رَبَّـنَا لَكَ الْحَمْــدُ مِلْءُ السَّــمٰــوَاتِ وَمِلْءُ الْاَرْضِ وَمِلْءُ مَاشِئْــتَ مِنْ شَيْــئٍ بَــعْــدُ .

-          Bacaan Sujud

سُبْــحَانَ رَبِّــيَ الْاَعْــلٰى وَبِحَــمْـدِهٖ ٣X

-          Bacaan duduk diantara dua sujud ( Iftirosy )

رَبِّ اغْــفِــرْلِـيْ وَارْحَــمْنِــيْ وَاجْــبُــرْنِيْ وَارْفَــعْــنِيْ وَارْزُقْــنِيْ وَاهْــدِنِيْ وَعَـافِـنِيْ وَاعْـفُ عَــنِّيْ .
-          Bacaan Tasyahud Awal
اَلتَّــحِيَّـاتُ الْمُبَـارَكَـاتُ الصَّــلَــوَاتُ الطَّـيِّبَـاتُ ِللهِ . السَّـــلَامُ عَـلَيْــكَ اَيُّــهَــا النَّـبِــيُّ وَرَحْــمَـةُ اللهِ وَبَــرَكَاتُــهُ . السَّـــلَامُ عَـلَــيْــنَا وَعَــلٰى عِـبَــادِ اللهِ الصَّــالِــحِــيْــنَ . اَشْــهَــدُ اَنْ لَّا اِلٰــهَ اِ لَّا اللهُ وَ اَشْــهَــدُ اَنَّ مُــحَمَّــدًا عَــبْــدُهٗ
وَرَسُــوْلُــهٗ . اَللّٰــهُــمَّ صَــلِّ عَــلٰى سَــيِّــدِنَـا مُـحَمَّــدٍ وَعَـلٰى اٰلِ سَــيِّــدِنَـا مُـحَمَّــدٍ .

-          Bacaan Tasyahud akhir

اَلتَّــحِيَّـاتُ الْمُبَـارَكَـاتُ الصَّــلَــوَاتُ الطَّـيِّبَـاتُ ِللهِ . السَّـــلَامُ عَـلَيْــكَ اَيُّــهَــا النَّـبِــيُّ وَرَحْــمَـةُ اللهِ وَبَــرَكَاتُــهُ . السَّـــلَامُ عَـلَــيْــنَا وَعَــلٰى عِـبَــادِ اللهِ الصَّــالِــحِــيْــنَ . اَشْــهَــدُ اَنْ لَّا اِلٰــهَ اِ لَّا اللهُ وَ اَشْــهَــدُ اَنَّ مُــحَمَّــدًا عَــبْــدُهٗ وَرَسُــوْلُــهٗ . اَللّٰــهُــمَّ صَــلِّ عَــلٰى سَــيِّــدِنَـا مُـحَمَّــدٍ وَعَـلٰى اٰلِ سَــيِّــدِنَـا  مُـحَمَّــدٍ .   كَمَا  صَــلَّـيْـتَ  عَـلٰى  سَــيِّــدِنَـا  اِبْــرَاهِــيْـمَ وَعَـلٰى اٰلِ سَــيِّــدِنَـا اِبْــرَاهِــيْـمَ وَبَــارِكْ عَــلٰى سَــيِّــدِنَـا مُـحَمَّــدٍ وَعَـلٰى اٰلِ سَــيِّــدِنَـا مُـحَمَّــدٍ كَــمَـابَـارَكْـتَ عَـلٰى سَــيِّــدِنَـا اِبْــرَاهِــيْـمَ وَعَـلٰى اٰلِ سَــيِّــدِنَـا اِبْــرَاهِــيْـمَ . فِى الْـعَـالَـمِــيْنَ اِنَّــكَ حَـمِيْــدٌ مَـجِــيْــدٌ .
                                                                          
-          Bacaan Salam
 اَلــسَّــلَامُ عَــلَيْـكُمْ وَرَحْــمَــةُ اللهِ .
VII. Metode Belajar

v  Demonstrasi, hafalan, dan resitasi

VIII. Sumber Belajar

1. Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas II
2. Gambar praktik salat
3. Rekaman kaset bacaan salat

IX. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1.      Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan berdoa bersama.


2.      Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membaca Surat An Naas
3.      Apersepsi
4.      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
5.      Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
  1. Siswa dibimbing oleh guru melafalkan niat shalat subuh
  2. Siswa dibimbing oleh guru melafalkan niat shalat dhuhur
  3. Siswa dibimbing oleh guru melafalkan niat shalat asar
  4. Siswa dibimbing oleh guru melafalkan niat shalat magrib
  5. Siswa dibimbing oleh guru melafalkan niat shalat isa
  6. Siswa dibimbing oleh guru melafalkan takbiratul ihrom
  7. Siswa dibimbing oleh guru melafalkan doa iftitah
  8. Siswa dibimbing oleh guru melafalkan surat Al Fatihah
  9. Siswa dibimbing oleh guru   melafalkan salah satu surat pendek
10.  Siswa dibimbing oleh guru   melafalkan bacaan ruku
  1. Siswa dibimbing oleh guru   melafalkan bacaan itidal
  2. Siswa dibimbing oleh guru   melafalkan bacaan sujud
  3. Siswa dibimbing oleh guru   melafalkan bacaan duduk diantara dua sujud
  4. Siswa dibimbing oleh guru   melafalkan bacaan tasyahud awal
  5. Siswa dibimbing oleh guru   melafalkan bacaan tasyahud akhir
16.  Siswa dibimbing oleh guru   melafalkan bacaan shalat dari awal sampai akhir
17.  Guru menanggapi hasil eksplorasi dan elaborasi
18.  Guru menjelaskan kembali mengenai materi yang telah disampaikan
19.  Guru melengkapi pendapat siswa yang dianggap kurang lengkap
20.  Guru memberikan penghargaan pada siswa yang bisa menjawab

C. Kegiatan Akhir (Penutup)

1.      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.      Guru memberikan tugas tersruktur
4.      Guru memberikan rencana ajar yang akan datang
.
X. Penilaian

A. Tes Lisan

v  Setiap siswa diminta melafalkan bacaan salat dengan benar.

B. Tes Tertulis

v  Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa.

C. Tes Perbuatan

v  Guru meminta beberapa orang siswa mendemonstrasikan bacaan salat.
Instrumen

1.      Lafalkan niat shalat subuh !
2.      Lafalkan niat shalat dhuhur!
3.      Lafalkan niat shalat asar !
4.      Lafalkan niat shalat magrib !
5.      Lafalkan niat shalat isa !
6.      Lafalkan takbiratul ihrom !
7.      Lafalkan doa iftitah!
8.      Lafalkan surat Al Fatihah !
9.      Lafalkan salah satu surat pendek !
10.  Lafalkan bacaan ruku !
11.  Lafalkan bacaan itidal !
12.  Lafalkan bacaan sujud !
13.  Lafalkan bacaan duduk diantara dua sujud !
14.  Lafalkan bacaan tasyahud awal !
15.  Lafalkan bacaan tasyahud akhir !
16.  Lafalkan bacaan shalat dari awal sampai akhir !

Kunci jawaban

1.      Lafadz niat shalat subuh

اُصَلِّى فَـرْضَ الــصُّــبْحِ رَكْــعَتَيْـنِ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
2.      Lafadz niat shalat dhuhur
اُصَلِّى فَـرْضَ الــظُّهْـرِ اَرْبَــعَ رَكَـعَـاتٍ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
3.      Lafadz niat salat  Asar
اُصَلِّى فَـرْضَ الْــعَصْــرِ اَرْبَــعَ رَكَـعَـاتٍ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
4.      Lafadz niat shalat Maghrib
اُصَلِّى فَـرْضَ الــمَغْــرِبِ ثَــلَاثَ رَكَـعَـاتٍ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
5.      Lafadz niat shalat Isa
اُصَلِّى فَـرْضَ الــعِشَــاءِ اَرْبَــعَ رَكَـعَـاتٍ مُسْـتَــقْبِلَ الْقِـبْــلَــةِ اَدَاءً( مَأْمُـوْمًا\ اِمَـامًا ) لِلّٰهِ تَعَالٰى اللهُ اَكْبَـرُ
6.      Bacaan Takbiratulikhram

اللهُ اَكْبَـرُ
7.       
اللهُ اَكْبَـرُ كَبِيْــرًا وَّالْحَمْــدُ لِلّٰهِ كَثِـيْــرًا وَسُـبْحَـانَ اللهِ بُكْــرَةً وَّاَصِــيْـلًا . اِنِّـىْ وَجَّــهْــتُ وَجْــهِــىَ لِلَّـذِيْ فَــطَــرَ السَّــمٰـوَاتِ وَالْاَرْضَ حَـنِــيْـفًا مُـسْــلِـمًا وَّمَـا اَنَا مِــنَ الْمُــشْــرِكِــيْنَ. اِنَّ الصَّــلَاتِى وَنُسُـــكِــى وَ مَحْــيَـايَ وَمَمَــاتِــى ِللهِ رَبِّ الْــعَــالَمِــيْـنَ . لَاشَــرِيْــكَ لَــهٗ وَبِــذٰلِـكَ اُمِــرْتُ وَاَنَـا مِــنَ الْــمُسْــلِمِــيْــنَ.
8. Surat Fatihah
بِـسْــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِـيْــمِ ۝ اَلْحَمْـدُ ِللهِ رَبِّ الْعَــالَمِيْـنَ ۝ الرَّحْمٰنِ الرَّحِـيْــمِ ۝ مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ ۝ اِيَّاكَ نَــعْــبُـدُ وَاِيّاكَ نَسْتَعِيْنُ ۝ اِهْـدِنَا الصِّـرَاطَ الْمُسْتَقِـيْمَ ۝ صِـرَاطَ الَّـذِيْنَ اَنْعَمْـتَ عَـلَيْــهِمْ غَيْـرِ الْمَغْـضُوْبِ عَـلَيْــهِمْ وَ لَا الضَّـآلِّيْـنَ ۝

9. Surat pendek
 تَبَّتْ يَـدَآ أَبِىْ لَهَـبٍ وَتَبَّ۝ مَآ أَغْنٰى عَنْهُ مَـالُهٗ وَمَا كَسَـبَ ۝ سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَـبٍ ۝ وَامْـرَأَتُـهٗ حَـمَّالَةَ الْحَـطَـبِ ۝ فِى جِيْـدِهَـا حَبْلٌ مِّـنْ مَّسَـدٍ ۝


10. Bacaan Bangkit Dari Ruku
سَمِــعَ اللهُ لِمَـنْ حَمِـدَهٗ
11. Bacaan ‘Itidal
رَبَّـنَا لَكَ الْحَمْــدُ مِلْءُ السَّــمٰــوَاتِ وَمِلْءُ الْاَرْضِ وَمِلْءُ مَاشِئْــتَ مِنْ شَيْــئٍ بَــعْــدُ .
11.  Bacaan Sujud
سُبْــحَانَ رَبِّــيَ الْاَعْــلٰى وَبِحَــمْـدِهٖ ٣X

12.  Bacaan duduk diantara dua sujud ( Iftirosy )
رَبِّ اغْــفِــرْلِـيْ وَارْحَــمْنِــيْ وَاجْــبُــرْنِيْ وَارْفَــعْــنِيْ وَارْزُقْــنِيْ وَاهْــدِنِيْ وَعَـافِـنِيْ وَاعْـفُ عَــنِّيْ .
13.  Bacaan Tasyahud Awal
اَلتَّــحِيَّـاتُ الْمُبَـارَكَـاتُ الصَّــلَــوَاتُ الطَّـيِّبَـاتُ ِللهِ . السَّـــلَامُ عَـلَيْــكَ اَيُّــهَــا النَّـبِــيُّ وَرَحْــمَـةُ اللهِ وَبَــرَكَاتُــهُ . السَّـــلَامُ عَـلَــيْــنَا وَعَــلٰى عِـبَــادِ اللهِ الصَّــالِــحِــيْــنَ . اَشْــهَــدُ اَنْ لَّا اِلٰــهَ اِ لَّا اللهُ وَ اَشْــهَــدُ اَنَّ مُــحَمَّــدًا عَــبْــدُهٗ وَرَسُــوْلُــهٗ . اَللّٰــهُــمَّ صَــلِّ عَــلٰى سَــيِّــدِنَـا مُـحَمَّــدٍ وَعَـلٰى اٰلِ سَــيِّــدِنَـا مُـحَمَّــدٍ .


14.  Bacaan Tasyahud akhir

اَلتَّــحِيَّـاتُ الْمُبَـارَكَـاتُ الصَّــلَــوَاتُ الطَّـيِّبَـاتُ ِللهِ . السَّـــلَامُ عَـلَيْــكَ اَيُّــهَــا النَّـبِــيُّ وَرَحْــمَـةُ اللهِ وَبَــرَكَاتُــهُ . السَّـــلَامُ عَـلَــيْــنَا وَعَــلٰى عِـبَــادِ اللهِ الصَّــالِــحِــيْــنَ . اَشْــهَــدُ اَنْ لَّا اِلٰــهَ اِ لَّا اللهُ وَ اَشْــهَــدُ اَنَّ مُــحَمَّــدًا عَــبْــدُهٗ وَرَسُــوْلُــهٗ . اَللّٰــهُــمَّ صَــلِّ عَــلٰى سَــيِّــدِنَـا مُـحَمَّــدٍ وَعَـلٰى اٰلِ سَــيِّــد
 مُـحَمَّــدٍ .   كَمَا  صَــلَّـيْـتَ  عَـلٰى  
15.   ( Mempraktekan shalat  )




                   Cilopang,   Juli 2011
Menyetujui,
         Kepala Sekolah                                                                                          GPAI



      YOYO, A.Ma.Pd.                                                                                    AMIN,S.Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002                                                            NIP. 19631001 198610 1 001



Tidak ada komentar: