"SELAMAT DATANG DI BLOG CORETAN GURU"

Jumat, 11 November 2011

RPP PAI SD KLS I SMR I


              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan                         : SD Negeri Cilopang
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : I/ 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   :  16 x 30  menit (6 x pertemuan)
      KKM                                 :   61

I.     Standar Kompetensi

1.      Menghafal Al-Qur’an surah pendek pilihan

II. Kompetensi Dasar
1.1  Melafalkan Surah al-Fatihah dengan lancar
2.1  Menghafalkan Surah al-Fatihah dengan lancar

III. Indikator

1.      Siswa mampu menyebutkan arti  Al Fatihah
2.      Siswa  mampu menyebutkan nama lain surat Al Fatihah
3.      Siswa mampu mengucapkan kata tertentu dalam surat Al Fatihah
4.      Siswa mampu mengucap ulang surat Al Fatihah
5.      Siswa mampu menyebutkan jumlah ayat surat Al Fatihah
6.      Siswa mampu melafalkan Surah Al Fatihah dengan lancar dan bedar tanpa teks

IV. Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah mendengarkan penjelasan arti Al Fatihah dari guru siswa mampu menyebutkan arti Al Fatihah
2.      Setelah mendengar penjelasan penjelasan dari guru siswa dapat menyebutkan nama lain surat Al Fatihah
3.      Setelah mendengar penjelasan dari guru siswa dapat mengucapkan kata tertentu dalam surat Al Fatihah
4.      Setelah mendengar penjelasan dari guru siswa dapat mengucap ulang surat Al Fatihah
5.      Setelah menghitung jumlah ayat surat Al Fatihah yang dipampang pada papan tulis siswa mampu menyebutkan jumlah ayat pasa surat Al Fatihah
6.      Setelah melafalkan surat Al Fatihah bersama guru siswa hafal surat Al Fatihah keseluruhan



V. Materi Ajar


Surah al-Fatihah

بِسْــمِ اللهِ الرَّحْمٰـنِ الرَّحِــيْمِ ۝ اَلْحَمْــدً ِللهِ رَبِّ الْـعَــالَمِــيْنَ ۝ الرَّحْمٰـنِ الرَّحِــيْمِ ۝ مَـالِكِ يَــوْمِ الـدِّيْنِ ۝ اِيَّـاكَ نَـعْــبُـدُ وَاِيَّـاكَ نَسْـتَـعِـيْنُ ۝ اِهْــدِنَـاالصِّرَاطَ الْمُسْـتَـقِـيْمَ ۝صِـرَاالَّـذِيْـنَ اَنْـعَـمْتَ عَـلَيْهِــمْ غَـيْـرِ الْمَـغْـضُـوْبِ عَـلَيْـهِـمْ وَ لَا الـضَّـآلِّـيْـنَ ۝

VI. Uraian Materi

1. Siswa diarahkan untuk dialog dengan cara menirukan bacaan guru mengenai hafalan dan junlah ayat Surah Al Fatihah sesuai dengan bacaan guru.
2. Siswa melafalkan Surah Al Fatihah.
3. Siswa menghafalkan Surah Al Fatihah.
4. Siswa menggunakan Surah Al Fatihah dalam bacaan salat.

VII. Metode Belajar

1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)

VIII. Sumber Belajar

1.  Kurikulum KTSP
2. Buku Sumber PAI Kelas 1
3.  Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI tahun 2004.

IX. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (Persepsi)

1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2. Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau  pada buku sumber
3.  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.  Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti

Ø Siswa melafalkan surat Al Kautsar
Ø Siswa mengamati tulisan surat Al Kautsar yang dipampang pada papan tulis
Ø Siswa memdengarkan penjelasan arti Al Kautsar
Ø Siswa menghitung jumlah ayat surat Al Kautsar
Ø Siswa menghafal surat Al Kautsar dengan bimbingan guru
Ø Guru menanggapi hasil eksplorasi dan elaborasi
Ø Guru menjelaskan kembali mengenai materi yang telah disampaikan
Ø Guru melengkapi pendapat siswa yang dianggap kurang lengkap
Ø Guru memberikan penghargaan pada siswa yang bisa menjawab

IX. Penutup (Tindak Lanjut)

1.      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.      Guru memberikan tugas tersruktur
4.      Guru memberikan rencana ajar yang akan datang

X. Penilaian

Ø  Pembahasan mengenai penilaian meliputi dua hal, yaitu penilaian proses dan alat penilaian.

A. Penilaian Proses

1. Guru melafalkan Surah al-Fatihah dengan melewatkan sebagian ayat, kemudian menanyakan kepada siswa apakah bacaan guru ada yang terlewatkan? Kemudian, meminta siswa melengkapi bacaan ayat yang dilewatkan tersebut.
2. Guru menyuruh salah seorang atau beberapa siswa supaya melafalkan Surah Al Fatihah. Selanjutnya, guru meminta para siswa lainnya supaya mendengarkan bacaan teman-temannya. Para siswa diminta menilai tentang benar tidaknya pelafalan Surah Al Fatihah yang dilakukan temannya. Apakah Surah Al Fatihah yang dilafalkan teman mereka sesuai dengan pelajaran yang telah disampaikan guru?
3. Guru melafalkan awal ayat Surah Al Fatihah, kemudian meminta siswa meneruskan pelafalan ayat-ayat berikutnya.
4. Guru menawarkan kepada siswa siapa di antara mereka yang sanggup melafalkan Surah Al Fatihah dengan baik.
5. Guru membacakan Surah Al Fatihah dengan melewatkan sebagian ayat, kemudian menanyakan kepada siswa apakah bacaan guru ada yang terlewatkan? Kemudian, meminta siswa melengkapi bacaan ayat yang dilewatkan tersebut.
6. Guru membacakan awal ayat Surah Al Fatihah. Kemudian, meminta siswa meneruskan ayat-ayat berikutnya secara hafalan
7. Guru menawarkan kepada siswa siapa di antara mereka yang sanggup menghafalkan Surah al-Fatihah dengan baik dan lancar.
8.   Guru menanyakan jumlah ayat pada surat Al Fatihah secara klasikal
9.   Guru meminta kepada beberapa siswa untuk mengucapkan kata –kata yang muskil pada surat Al Fatihah


B. Alat Penilaian

Ø Menjawab pertanyaan

1.  Menjawab pertanyaan yang telah disiapkan
2.  Tes perbuatan untuk melafalkan Surah Al Fatihah dengan baik
3. Tes perbuatan untuk menghafalkan Surah Al Fatihah dengan baik dan lancar

Ø Membuat simpulan

Setiap siswa disuruh berpikir mengenai dirinya sendiri. Kemudian, membuat simpulan yang menunjukkan bahwa dirinya sudah atau belum dapat melafalkan dan menghafal Surah Al Fatihah.

Ø Presentasi penilaian

Ketepatan menjawab pertanyaan.
Kebenaran melafalkan ayat-ayat dalam Surah Al Fatihah.
Kebenaran membacakan kata-kata yang muskil
Kebenaran menyebutkan jumlah ayat
Kebenaran menghafalkan ayat-ayat Surah Al Fatihah.
Ketepatan membuat simpulan.

Instrumen

1.         Sebutkan arti  Al Fatihah
2.         Sebutkan nama lain surat Al Fatihah
3.         Ucapkan kata tertentu dalam surat Al Fatihah
4.         Ucap ulang surat Al Fatihah
5.         Sebutkan jumlah ayat surat Al Fatihah
6.         Lafalkan Surah Al Fatihah dengan lancar dan bedar tanpa teks

Kunci jawaban

1.      Al Fatihah adalah pembukaan
2.      Ummul Quran, Ummul Kitab
3.      وَلَا الـضَّـآلِّـيْـنَ , اَنْـعَـمْتَ , نَـعْــبُـدُ, اِيَّـاكَ
4.

بِسْــمِ اللهِ الرَّحْمٰـنِ الرَّحِــيْمِ ۝ اَلْحَمْــدً ِللهِ رَبِّ الْـعَــالَمِــيْنَ ۝ الرَّحْمٰـنِ الرَّحِــيْمِ ۝ مَـالِكِ يَــوْمِ الـدِّيْنِ ۝ اِيَّـاكَ نَـعْــبُـدُ وَاِيَّـاكَ نَسْـتَـعِـيْنُ ۝ اِهْــدِنَـاالصِّرَاطَ الْمُسْـتَـقِـيْمَ ۝صِـرَاالَّـذِيْـنَ اَنْـعَـمْتَ عَـلَيْهِــمْ غَـيْـرِ الْمَـغْـضُـوْبِ عَـلَيْـهِـمْ وَلَا الـضَّـآلِّـيْـنَ ۝


5.    7 ayat


6. 
  بِسْــمِ اللهِ الرَّحْمٰـنِ الرَّحِــيْمِ ۝ اَلْحَمْــدً ِللهِ رَبِّ الْـعَــالَمِــيْنَ ۝ الرَّحْمٰـنِ الرَّحِــيْمِ ۝ مَـالِكِ يَــوْمِ الـدِّيْنِ ۝ اِيَّـاكَ نَـعْــبُـدُ وَاِيَّـاكَ نَسْـتَـعِـيْنُ ۝ اِهْــدِنَـاالصِّرَاطَ الْمُسْـتَـقِـيْمَ ۝صِـرَاالَّـذِيْـنَ اَنْـعَـمْتَ عَـلَيْهِــمْ غَـيْـرِ الْمَـغْـضُـوْبِ عَـلَيْـهِـمْ وَلَا الـضَّـآلِّـيْـنَ ۝





Menyetujui,                                                                                     Cilopang,   Juli 2011
         Kepala Sekolah                                                                                            GPAI



        YOYO, A.Ma.Pd.                                                                                      AMIN, S.Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002                                                                NIP. 19631101 198610 1 001



              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan              : SD Negeri Bantarjambe
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : I/ 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   : 9 x 30  menit ( 3 x pertemuan)
      KKM                                :  63        

I.         Standar Kompetensi

2. Mengenal rukun iman

II.  Kompetensi Dasar

2.1  Menunjukkan ciptaan Allah melalui ciptaan-Nya
2.2  Menyebutkan enam rukun iman
2.3  Mengenal rukun iman

III. Indikator

·         Siswa mampu menjelaskan pengertian iman
·         Siswa mampu menyebutkan benda ciptaan Allah
·         Siswa mampu menyebutkan benda ciptaan manusia
·         Siswa mampu membedakan benda ciptaan Allah dengan ciptaan manusia
·         Siswa mampu menyebutkan enam rukun iman
·         Siswa mampu melafalkan enam rukun iman tanpa teks

IV. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan pengertian iman
2.    Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan benda ciptaan Allah
3.    Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan benda ciptaan manusia
4.    Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu membedakan ciptaan Allah dengan ciptaan manusia
5.    Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan enam rukun iman
6.    Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu melafalkan rukun iman dan hafal


IV. Materi Ajar

Rangkuman Materi

-          Iman menurut bahasa artinya percaya
-          Imam adalah menyakini adanya Allah SWT.
-          Benda – benda yang dicitakan Allah diantaranya : Manusia, langit,matahari, rumput, bulan dst.
-          Benda ciptaan/ buatan  manusia diantaranya : mobil, motor, TV, sekolah, dst.


-       Perbedaan ciptaan manusi dengan ciptaan Allah diantaranya adalah : ciptaan alloh tidak ada yang sama satupun, sengankan ciptaan manusia banyak yang sama
-      6 rukun Iman: 1. Iman kepada Allah, 2. Iman kepada malaikat 3. Iman kepada kitab 4. Iman kepada rasul 5. I,an kepada hari akhir 6. Iman kepada qodha dan qodar

Nadham Rukun iman

               Ari rukun iman 6 geus ma’luman        #     hiji iman ka Allah nu mangeranan
Dua iman kamalaikat pangeran           #      tilu iman ka kitabna kaya qur’an
Opat iman ka rosul-rosul pangeran     #  lima iman kana poe panganggeusan
Genep iman kana papasten pangeran  #      ka hadean atawana ka gorengan

V. Uraian Materi

Ø  Materi rukun iman yang menerangkan tentang pengertian, hal-hal yang menunjukkan hasil ciptaan Allah dengan mengambil contoh beberapa kejadian atau peristiwa sehari-hari yang dirasa dekat dengan kehidupan anak-anak.
Ø  Di samping menjelaskan hal-hal yang berkaitan tentang hasil ciptaan Allah, siswa disuruh menyebutkan rukun iman secara hafalan. Hafalan rukun iman yang dilakukan para siswa perlu ditunjukkan di depan kelas  secara perseorangan.

VI. Metode Belajar

1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)

VII. Sumber Belajar

1. Kurikulum KTSP
2. Buku Paket Kelas I
3. Audio CD / VCD atau tek Nadham Rukum Iman

VIII. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (Persepsi)
1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2. Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membuka Al-Qur’an Surat Al Fatihah atau halaman tadarus pada buku Paket Kelas I
3. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti

1.  Guru mengajak para siswa keluar kelas untuk mengamati benda-benda yang berada di sekitar sekolah yang menunjukkan hasil ciptaan Allah.
2.      Siswa mencatat hasil pengamatan yang dilakukannya untuk diberikan kepada guru.
3.      Guru mengajak para siswa untuk masuk ke kelas kembali dan meminta kepada salah seorang siswa mengemukakan hasil pengamatannya secara bergantian.
4.      Guru menyimpulkan hasil pengamatan siswa secara global.
5.      Guru menyebutkan berulang-ulang rukun iman secara berurutan.
6.      Guru menyebutkan secara berulang-ulang pengertian iman
7.      Siswa menyimak dan mendengarkan dengan saksama.
8.      Guru dan siswa menyebutkan kembali rukun iman dan pengertian iman secara klasikal, kelompok, dan perorangan yang dilakukan secara berulang-ulang.
9.      Siswa disuruh menghafalkan pengertian rukun iman secara berulang-ulang
10.  Siswa disuruh menghafalkan secara urut enam rukun iman. Hafalan rukun iman ditunjukkan para siswa di depan kelas atau  Guru secara bergantian.
11.  Guru menjelaskan secara singkat satu per satu arti rukun iman, siswa menyimak keterangan guru.
12.  Guru melakukan kegiatan tanya jawab guna memperdalam pengertian tentang rukun iman.

IX Penutup (Tindak Lanjut)

1.      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.      Guru memberikan tugas tersruktur
4.      Guru memberikan penilaian kepada siswa yang bisa menjawab
5.      Guru memberikan rencana ajar yang akan datang

X. Penilaian

v  Pembahasan mengenai penilaian meliputi dua hal, yaitu penilaian proses dan alat penilaian.

A. Penilaian Proses

v  Ketika berlangsung kegiatan belajar, guru mengamati seluruh siswa(aktivitas dan kemampuannya), kemudian mencatat siswa yang kurang aktif dan kurang mampu untuk diadakan tindak lanjut.
v  Pada akhir kegiatan belajar mengajar, guru mengadakan evaluasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Pertanyaan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap pelajaran yang telah disampaikan.

B. Alat Penilaian

v  Menjawab pertanyaan

*      Menjawab pertanyaan yang telah disiapkan
*      Tes perbuatan yang berkaitan dengan rukun iman

v  Membuat simpulan

*      Setiap siswa disuruh berpikir mengenai dirinya sendiri. Kemudian, membuat simpulan yang menunjukkan bahwa dirinya sudah mampu atau belum mampu menunjukkan contoh hasil ciptaan Allah yang berada di sekitarnya? Sudahkah ia mengetahui arti dari enam rukun iman? Sudahkah ia mengetahui arti dari enam rukun iman? Sudahkah ia hafal enam rukun iman dan berani menunjukkan hafalannya di depan teman-teman kelas dan  Guru?

v  Presentasi penilaian
v  Ketepatan menjawab pertanyaan
v  Ketepatan membuat simpulan

Instrumen

1.      Jelaskan pengertian iman !
2.      Sebutkan benda ciptaan Allah !
3.      Sebutkan benda ciptaan manusia  !
4.      Bedakan benda ciptaan Allah dengan ciptaan manusia !
5.      Sebutkan enam rukun iman !
6.      Lafalkan enam rukun iman tanpa teks !

Kunci jawaban
     
1.      Iman artinya percaya
2.      Benda ciptaan Allah; manusia, gunung, matahari, bulan, bintang, air, rumput, dll
3.      Bala-bala, serabi, kue mari, radio, TV, rumah, kursi, meja, papan tulis, sapu, dll
4.    Perbedaan ciptaan Allah dan manusia adalah ciptaan Allah satu ciyang di ciptakan tidak ada yang masa dengan yang lainnya, sedangkan ciptaan manusia banyak kesanaannya dan ciptaan manusia itu memadukan yang telah diciptakan Allah .
5.   6 rukun Iman: 1. Iman kepada Allah, 2. Iman kepada malaikat 3. Iman kepada kitab 4. Iman kepada rasul 5. I,an kepada hari akhir 6. Iman kepada qodha dan qodar
6.   6 rukun Iman: 1. Iman kepada Allah, 2. Iman kepada malaikat 3. Iman kepada kitab 4. Iman kepada rasul 5. I,an kepada hari akhir 6. Iman kepada qodha dan qodar





Menyetujui,                                                                                           Cilopang,   Juli 2011
         Kepala Sekolah                                                                                               GPAI



       YOYO, A.Ma.Pd.                                                                                        AMIN, S. Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002                                                                  NIP. 19631101 198610 1 001




                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan             : SD Negeri Bantarjambe
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : I/ 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   :  x 30  menit (  x pertemuan)
                                KKM                              :  62   

I.         Standar Kompetensi

3. Membiasakan perilaku terpuji 1

II.       Kompetensi Dasar

3.1 Membiasakan perilaku jujur
3.2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih
3.4 Membiasakan perilaku disiplin

III. Indikator

1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian jujur
2.      Siswa mampu menyebutkan 2 contoh perilaku jujur
3.      Siswa mampu menyebutkan manfaat perilaku jujur
4.      Siswa mampu menjelaskan pengertian tanggung jawab
5.      Siswa mampu menjelaskan tanggung jawab orang tua pada anaknya
6.      Siswa mampu menyebutkan tanggung  jawab anak pada orang tua
7.      Siswa mampu menjelaskan tanggung jawab siswa terhadap guru
8.      Siswa mampu memjelaskan cara menjaga kebersihan badan
9.      Siswa mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan pakaian
10.  Siswa mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan tempat shalat
11.  Siswa mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan  tempat tidur
12.  Siswa mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan tempat belajar

IV. Tujuan Pembelajaran

1.    Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menyebutkan pengertian jujur
2.    Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menyebutkan 2 contoh perilaku jujur
3.    Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menyebutkan  manfaat perilaku jujur
4.    Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menyebutkan pengertian tanggungjawab
5.   Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya
6.  Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menyebutkan  tanggung jawab anak terhadap orang tuanya
7.  Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan tanggung jawab siswa terhadap guru
8.    Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan badan
9.    Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan pakaian
10.    Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan tempat sholat
11.    Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan tempat tidur
12.    Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan cara menjaga kebersihan tempat belajar

V. Materi Ajar
Rangkuman Materi

Pengerian jujur
-          Jujur adalah berkata apa adanya tidak menambah dan menguranginya

Contoh perilaku jujur
-          Dea tidak  menyontek ketika sedang ulangan
-          Irvan ditanya oleh ibu guru “ apakah kamu menghapah tadi malam ?, Irvan menjawab “ tidakbu “ Irvar jujur tadi malam tidak menghafal “

Manfaat perilaku jujur
-          Disenangi orang, dipercaya oranglain, berjiwa bersih, tidak takut membela kebenaran

Pengertian tanggungjawab
-   Tanggung jawab adalah kesediaan melaksanakan kewajibannya dengan sadar dan sungguh-sungguh. Tanggung jawab berarti berani nenanggung segala akibatnya

Tanggung jawab orang tua terhadap anaknya
-       Orang tua harus bertangung jawab terhadap anaknya untuk mendidik,memberi sandang, pangan, kesehatan terlebih lebih pendidikan agamanya ,jika hal tersebut tidak diindahkan maka berdosalah ia.
-           
Tanggung jawab anak pada orang tuanya
-  Anak harus menuruti atas segala yang diperntahkan oleh orang tua jika perintah itu tidakbertentangan dengan aturan baikagamamaupun negara
-           
Tanggung jawab anak terhadapguru
-   Salah satu tanggung jawab anak terhadap guru adalah menta’ati atas segala nasehat yang diberikan oleh guru

Kebersihan
Cara menjaga kebersihan badan
-      Kebersihan badan artinya menjaga badan supaya terhindar dari penyakit badan yang bersih akan terrhindar dari penyakit .Untuk menjaga agar badan tetap bersih mandi sekurang-kurangnya  dua kali pagi dan sore pakai sabunmandi, menggosok gigi dengan pasta gigi, berkeramas dengan shampo .

Cara menjaga kebersihan pakaian
-          Pakaian yang kita pakai harus selalu bersih terutama untuk shalat selain bersih harus suci dari najis, maka untuk menjaga bebersihannya pisahkanlah pakaian yang kotot dengan yang bersih jangan sampai berbaur, dan pakaian yang kotor segera di cuci pakai sabun cuci jangan dilamakan, jika pakaian terkena najis sucikanlah sesuai dengan tingkatan najisnya.

Cara menjaga kebersihan tenpat shalat
-          Untukmenjaga kebersihan tempat shalat tiap hari sapu sekurang-kurangnya dua kali dan di pel tiap hari paling sedikit satu kali , cuci alas lantai /sajadah sekurang- kurangnya 2 minggu sekali

Cara menjaga kebersihan tempat tidur
-      Untuk supaya tempat tidur tetap bersih dan rapi maka seharusnya setiap pagi setelah banguntidur kita bereskan kamartidur, sapu lantainya, kemudian di pel dan cuci peralatan atau barang yang sudah kotor
Cara menjaga kebersihan tempat belajar
-  Tempat belajar senantiasa agar tetap bersih dan rapih, untukmenjaga kebersihan dan kepapihannya setiap hari harus di sapukan dan dipel juga setiap selesai belajar rapihkan kempali jangan sampai peralatan belajar berceceran dan ada yang tertinggal untuk paginya di bawa ke sekolah.

VI. Uraian Materi

Ø Siswa bersikap jujur terhadap perkataan dan perbuatannya.
Ø Siswa paham bahwa semua yang dilakukannya akan dimintai pertanggung jawaban, baik oleh manusia maupun Allah swt.
Ø Siswa paham bahwa bersikap bersih itu akan membawa dirinya menuju kebaikan dan dicintai Allah swt.
Ø Siswa paham bahwa disiplin merupakan kunci kesuksesan.

VII. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)

VIII. Sumber Belajar

1. Kurikulum KTSP
2. Buku Sumber PAI SD Kelas I
3. LKS Kelas I semester 1
4. Pengetahuan Guru

IX. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (Persepsi)

v  Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
v  Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membuka Al Ikhlas atau halaman tadarus pada buku Zuz ‘Amma
v  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
v  Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti

v Jujur
*  Guru menjelaskan dengan bahasa yang sederhana tentang jujur dan berbagai akibatnya menggunakan berbagai cerita atau dongeng (jika memungkinkan dengan menampilkan tayangan VCD yang memuat tentang perilaku orang yang bersikap jujur). Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada siswa agar memudahkan bagi siswa menangkap penjelasan materi ajar tentang jujur.
*      Guru sengaja memilih dan menyampaikan tentang dampak yang positif dari bersikap jujur, baik akibat yang diterima sejak di dunia ini maupun ungkapan cerita yang kelak akan diterima di akhirat.
*      Guru juga menyampaikan akibat negatif yang diterima bagi anak yang tidak jujur sebagai imbangan, seperti ada anak yang berteriak teriak minta tolong karena hendak dimakan harimau. Akan tetapi, setelah masyarakat mendatanginya ternyata tidak benar (ia berbohong). Namun, setelah kejadian itu benar terjadi (ada harimau) dan ia minta tolong, masyarakat tidak lagi mau mendengar dan memerhatikan. Akhirnya, si pembohong mati dimakan harimau.
*      Guru dan siswa melakukan dialog dan tanya jawab seputar makna jujur serta keuntungannya.
*  Guru membagi siswa menjadikan beberapa kelompok. Setiap kelompok, diminta untuk mendiskusikan dampak kejujuran, baik yang bersifat positif maupun negatif jika tidak dilakukannya.
*  Siswa mempresentasikan secara sederhana hasil diskusi yang dilakukan antarkelompok. Kelompok lain memberikan masukan dengan bimbingan guru (maklum anak belum paham betul).

v Bertanggung jawab

*  Guru menjelaskan dengan bahasa yang sederhana tentang bertanggung jawab dan berbagai akibatnya menggunakan berbagai cerita atau dongeng (jika memungkinkan dengan menampilkan tayangan VCD yang memuat tentang perilaku orang yang bertanggung jawab). Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada para siswa agar memudahkan bagi siswa menangkap penjelasan materi ajar tentang perilaku bertanggung jawab.
*      Guru sengaja memilih dan menyampaikan tentang dampak yang positif dari bertanggung jawab, baik akibat yang diterima sejak di dunia ini maupun ungkapan cerita yang kelak akan diterima di akhirat.
*      Guru juga menyampaikan akibat negatif yang diterima bagi anak yang tidak bertanggung jawab, seperti ada anak yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah, ia akan merasa malu terhadap teman-temannya dan diberi beban tugas tambahan oleh gurunya.
*  Guru dan siswa melakukan dialog dan tanya jawab seputar makna bertanggung jawab beserta keuntungannya.
*      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok, diminta untuk mendiskusikan dampak bertanggung jawab, baik yang bersifat positif maupun negatif jika tidak dilakukan.
*  Siswa mempresentasikan secara sederhana hasil diskusi yang dilakukan antarkelompok. Kelompok lain memberikan masukan dengan bimbingan guru, maklum anak belum paham betul.

v Hidup Bersih

*   Guru menjelaskan dengan bahasa yang sederhana tentang hidup bersih, dan berbagai akibatnya menggunakan berbagai cerita atau dongeng (jika mungkin dengan menampilkan tayangan VCD yang memuat tentang perilaku orang yang bertanggung jawab). Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada siswa agar memudahkan bagi siswa menangkap penjelasan materi ajar tentang hidup bersih.
*      Guru sengaja memilih dan menyampaikan tentang dampak yang positif dari hidup bersih, baik akibat yang diterima sejak di dunia ini maupun ungkapan cerita yang kelak akan diterima di akhirat.
*      Guru juga menyampaikan akibat negatif yang diterima bagi anak yang tidak hidup bersih seperti ada anak yang sering sakit gigi karena tidak pernah gosok gigi dan lain sebagainya. Ia teman-temannya dan diberi beban tugas tambahan oleh gurunya. akan merasa malu terhadap
*      Guru dan siswa melakukan dialog dan tanya jawab seputar makna hidup bersih beserta keuntungannya.
*      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan dampak hidup bersih, baik yang bersifat positif maupun negatif jika tidak dilakukannya.

*      Siswa mempresentasikan secara sederhana hasil diskusi yang dilakukan antar kelompok. dengan bimbingan guru, maklum anak belum paham betul. Kelompok lain memberikan masukan

v Disiplin

*  Guru menjelaskan dengan bahasa yang sederhana tentang disiplin dan berbagai akibatnya menggunakan berbagai cerita atau dongeng (jika mungkin dengan menampilkan tayangan VCD tentang perilaku orang yang disiplin). Hal tersebut dimaksudkan yang memuat untuk memberikan semangat kepada siswa agar memudahkan bagi siswa menangkap penjelasan materi ajar tentang disiplin.
*     Guru sengaja memilih dan menyampaikan tentang dampak yang positif dari disiplin, baik akibat yang diterima sejak di dunia ini maupun ungkapan cerita yang kelak akan diterima di akhirat.
*      Guru juga menyampaikan akibat negatif yang diterima bagi anak yang tidak disiplin, seperti orang yang tidak berdisiplin maka cita-citanya tidak akan tercapai.
*      Guru dan siswa melakukan dialog dan tanya jawab seputar makna hidup disiplin beserta keuntungannya.
*      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan dampak disiplin, baik yang bersifat positif maupun negatif jika tidak dilakukannya.
*   Siswa mempresentasikan secara sederhana hasil diskusi yang dilakukan antar kelompok. Kelompok lain memberikan masukan dengan bimbingan guru, maklum anak belum paham betul.

IX. Penutup (Tindak Lanjut)
1.      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.      Guru memberikan penilaian kepada siswa yang bisa menjawab
4.      Guru memberikan tugas tersruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
5.      Guru memberikan rencana ajar yang akan datang

X. Penilaian

Ø  Pembahasan mengenai penilaian meliputi dua hal, yaitu penilaian proses dan alat penilaian.

A.     Penilaian Proses

v  Guru menyebutkan satu atau dua akibat positif bersikap jujur. Siswa disuruh melanjutkan menyebutkan yang lain sesuai dengan pelajaran yang disampaikan.
v  Guru menyebutkan dampak positif bertanggung jawab dengan memberikan satu atau dua contoh, siswa diminta meneruskan.
v  Guru menyebutkan satu atau dua contoh dampak orang yang membiasakan hidup bersih, siswa diminta melengkapinya.
v  Guru menyebutkan contoh satu atau dua dampak orang yang disiplin, siswa diminta untuk melanjutkannya.

B.   Alat Penilaian

v  Menjawab pertanyaan
*        Menjawab pertanyaan yang telah disiapkan
*        Tes perbuatan seperti siswa diminta berkata dengan jujur


v  Membuat simpulan

* Setiap siswa disuruh berpikir mengenai dirinya sendiri. Kemudian, membuat simpulan yang menunjukkan bahwa dirinya sudah (belum) membiasakan bersikap/berperilaku jujur, bertanggung jawab, hidup bersih, dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah, di rumah maupun di masyakarat.
v  Presentasi penilaian
v  Ketepatan menjawab pertanyaan
v  Ketepatan membuat simpulan

Instrumen

1.      Jenjelaskan pengertian jujur !
2.      Sebutkan 2 contoh perilaku jujur !
3.      Sebutkan manfaat perilaku jujur !
4.      Jelaskan pengertian tanggung jawab !
5.      Jelaskan tanggung jawab orang tua pada anaknya !
6.      Sebutkan tanggung  jawab anak pada orang tua !
7.      Jelaskan tanggung jawab anak terhadap guru !
8.      Jelaskan cara menjaga kebersihan badan !
9.      Jelaskan cara menjaga kebersihan pakaian !
10.  Jelaskan cara menjaga kebersihan tempat shalat !
11.  Jelaskan cara menjaga kebersihan  tempat tidur !
12.  Jelaskan cara menjaga kebersihan tempat belajar !

Kunci jawaban

1.      Jujur adalah berkata apa adanya tidak menambah dan menguranginya
2.      a. Dea tidak  menyontek ketika sedang ulangan
b. Irvan ditanya oleh ibu guru “ apakah kamu menghapah tadi malam ?, Irvan menjawab “ tidakbu “ Irvar jujur tadi malam tidak menghafal “
3.   Disenangi orang, dipercaya oranglain, berjiwa bersih, tidak takut membela kebenaran
4. Tanggung jawab adalah kesediaan melaksanakan kewajibannya dengan sadar dan sungguh-sungguh. Tanggung jawab berarti berani nenanggung segala akibatnya
5. Orang tua harus bertangung jawab terhadap anaknya untuk mendidik,memberi sandang, pangan, kesehatan terlebih lebih pendidikan agamanya ,jika hal tersebut tidak diindahkan maka berdosalah ia.
6.  Anak harus menuruti atas segala yang diperntahkan oleh orang tua jika perintah itu tidakbertentangan dengan aturan baikagamamaupun negara
7.   Salah satu tanggung jawab anak terhadap guru adalah menta’ati atas segala nasehat yang diberikan oleh guru
8.   Kebersihan badan artinya menjaga badan supaya terhindar dari penyakit badan yang bersih akan terrhindar dari penyakit .Untuk menjaga agar badan tetap bersih mandi sekurang-kurangnya  dua kali pagi dan sore pakai sabunmandi, menggosok gigi dengan pasta gigi, berkeramas dengan shampo .
9.    Pakaian yang kita pakai harus selalu bersih terutama untuk shalat selain bersih harus suci dari najis, maka untuk menjaga bebersihannya pisahkanlah pakaian yang kotot dengan yang bersih jangan sampai berbaur, dan pakaian yang kotor segera di cuci pakai sabun cuci jangan dilamakan, jika pakaian terkena najis sucikanlah sesuai dengan tingkatan najisnya.
10.  Untukmenjaga kebersihan tempat shalat tiap hari sapu sekurang-kurangnya dua kali dan di pel tiap hari paling sedikit satu kali , cuci alas lantai /sajadah sekurang- kurangnya 2 minggu sekali
11.  Untuk supaya tempat tidur tetap bersih dan rapi maka seharusnya setiap pagi setelah banguntidur kita bereskan kamartidur, sapu lantainya, kemudian di pel dan cuci peralatan atau barang yang sudah kotor
12. Tempat belajar senantiasa agar tetap bersih dan rapih, untukmenjaga kebersihan dan kepapihannya setiap hari harus di sapukan dan dipel juga setiap selesai belajar rapihkan kempali jangan sampai peralatan belajar berceceran dan ada yang tertinggal untuk paginya di bawa ke sekolah.



Menyetujui,                                                                               Cilopang,   Juli 2011
         Kepala Sekolah                                                                                        GPAI



       YOYO, A.Ma.Pd.                                                                             AMIN, S. Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002                                                      NIP. 19631101 198610 1 001




                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan                         : SD Negeri Cilopang
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : I/ 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   : 10 x 30  menit ( 4 x pertemuan)
      KKM                                 :  61          

I.         Standar Kompetensi

4. Mengenal tata cara bersuci (taharah)

II.  Kompetensi Dasar

4.1 Menyebutkan pengertian bersuci (taharah)
4.2 Mencontoh tata cara bersuci

III.   Indikator

1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian bersuci
2.      Siswa mampu menyebutkan 7 jenis air yang bisa digunakan untuk bersuci
3.      Siswa mampu menyebutkan 6 jenis benda yang bisa digunakan untuk bersuci
4.      Siswa mampu menyebutkan alat bersuci untuk tayamum
5.      Siswa mampu menyebutkan alat bersuci selain air untuk mensucikan najis
6.      Siswa mampu menyebutkan Istilah bersuci yang menggunakan , batu, daun, tisu dan kayu
7.      Siswa mampu menjelaskan cara bersuci dengan air
8.      Siswa mampu menjelaskan cara bersuci dengan menggunakan benda keras (batu, kayu, daun )
9.      Siswa mampu  menjelaskan cara melakukan tayamum

IV. Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah mendapatkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan pengertian bersuci
2.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru siswa mampu menyebutkan 7 macam air untuk bersuci
3.  Setelah mendapatkan bimbingan dari guru siswa mampu menyebutkan 6 jenis benda yang bisa digunakan untuk bersuci
4.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru siswa mampu menyebutkan alat bersuci untuk tayamum
5.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru siswa mampu menyebutkan alat bersuci selain air untuk mensucikan najis
6. Setelah mendapatkan bimbingan dari guru siswa mampu menyebutkan istilah bersuci yang menggunakan batu, daun, tisu, dan kayu
7.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru siswa mampu menjelaskan cara bersuci dengan air
8. Setelah mendapatkan bimbingan dari guru siswa mampu menjelaskan cara bersuci dengan menggunakan benda keras ( batu, kayu, daun )
9.      Setelah mendapatkan bimbingan dari guru siswa mampu menjelaskan cara melakukan tayamum

V. Materi Ajar

-            Pengertian bersuci ( thaharah ) adalah membersihkan dari hadats baik hadats besar maupun hadats kecil.
-      Untuk mensucikan hadats besar dengan mandi besar dan untuk mensucikan hadats kecil dengan dudhu
-      Tujuh jenis air yang bisa digunakan untuk berwudhu : 1. Air hujan, 2. air laut, 3. air sungai, 4. Air sumur, 5. Air embun,  6. Air es  7. Mata air
-       Benda yang bisa dipakai untuk bersuci diantaranya : 1. Air  2. Tanah  3. Baru  4. Dedaunan yang meresap air lagi halus, 5. Kertas yang mesesap air
-            Alat tayamum adalah dengan tanah yang yang suci dan hatus seperti tepung
-      Benda yang bisa dipakai untuk nensucikan najis selain air diantaranya : 1. Tanah  2. Baru  3. Dedaunan yang meresap air lagi halus, 4. Kertas yang mesesap air
-            Istilah-istilah bersuci: 
a.     Thaharah adalah untuk membersihkan hadats caranya dengan air dan tanah
b.   Istinja adalah untuk membersihkan  janis caranya dengan 1. Air  2. Tanah  3. Baru  4. Dedaunan yang meresap air lagi halus, 5. Kertas yang mesesap air
c.       Nadhafah adalah untuk membersihkan kotoran caranya dengan air, sapu, lap, dll.
Cara Berwudhu :
a. membaca bismillah
b. membasuh tangan
c. niat wudhu d. berkumur dan membersihkan gigi (3 x)
e. membasuh seluruh muka/ wajah sampai rata (sela-sea janggut bila ada) (3 x)
f. membasuh tangan hinnga siku merata (3 x yang kanan dulu)
g. membasuh rambut bagian depan hingga rata (3 x)
h. membasuh daun telinga/kuping hinnga merata (3 x sebelah kanan dulu)
i. membasuh kaki hingga mata kaki sampai rata (3 x kanan dahulu)
j. membaca doa setelah wudhu
Cara istinjak
-       Gungakanlah batu yang halus atau benda keras yang lainnya oleskanlah benda tersebut ke tempat yang akan dibersihkan, hati-hati jangan sampai najis tersebut jangan sampai merember kepada tempat yang lainnya. Pengolisan minimal tiga batu per batunya 3 permukaan batu, tetapi jika belum bersih teruskanlah walaupun sudah habis tiga batu.
Tata cara tayamum
-            Sediakanlah tanah yang suci juga buatkan seperti tepung
-            Hamparkan tanah tersebut di atas kain atau koran /alat lainnya yang suci ± 25x 25 Cm² .
-        Setelah terhampar tanah tersebut dengan rata langkah selanjutnya adalah letakkan kedua telapak tangan tersebut di atas tanah, tepukkan tetapi jangan sampaitanah dari tepukkan tangan tercampur dengan tanah yang terhampar
-        Usapkan tangan kiri ke muka sebelah kanan kemudian tangan kanan ke muka sebelah kiri sambil mengucapkan niat tayamum pada usapan pertama muka sebelah kanan, tepukkan tangan tiga kali untuk membersihkan bekas debu di tangan
-            Langkah selanjutnya letakkan kedua telapak tangan pada hamparan debu yang belum terpakai, tepukkan seperti tadi kemudian tangan kiri mengusap tangan kanan sampai siku dan tangan kanan mengusap tangan kiri sampai siku.

VI. Uraian Materi

v  Bersuci terdiri atas berbagai cara, di antaranya membersihkan kotoran dari badan dengan mandi, wudu, tayamum dan istinja. Siswa dikenalkan berbagai cara bersuci sebab mereka pasti akan melakukannya.
VII. Metode Belajar

1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)

VIII. Sumber Belajar

v  Kurikulum KTSP
v  Buku Sumber PAI SD Kelas  I
v  Pengetahun Guru

IX. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (Persepsi)
v  Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan berdoa bersama.
v  Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membuka Al-Qur’an /  ZUZ ‘AMMA Surat Al Kautsar atau halaman tadarus pada buku lainnya
v  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
v  Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti

v  Pengertian bersuci
*      Guru menjelaskan berbagai macam benda kotor.
*      Siswa diajak berdiskusi sederhana mengenai benda yang suci, kotor, dan najis serta kotor tidak najis.
*  Guru menjelaskan hasil diskusi dengan berbagai tambahan, mengingat kemampuan siswa masih sangat terbatas.
*  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok, diminta mendiskusikan tata cara membersihkan kotoran dan najis.
*  Siswa mempresentasikan secara sederhana hasil diskusi yang dilakukan antarkelompok. Kelompok lain memberikan masukan dengan bimbingan guru, maklum anak belum paham betul.

v  Wudu

*      Guru menjelaskan tata cara wudu dengan benar disertai dengan memberikan contoh berwudu dari awal sampai akhir.
*      Siswa melakukan praktik wudu seperti yang dicontohkan oleh guru.
*      Guru mengamati praktik wudu siswa. Jika ada kekurangan dalam praktik, guru segera memberikan contoh ulang yang benar.
*      Guru dan siswa melakukan dialog dan tanya jawab seputar tata cara wudu. Jika masih ada hal-hal yang masih belum jelas, bisa ditanyakan.
*      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok, diminta mendemonstrasikan berwudu. Siswa yang lain mengamati dan memberikan masukan jika masih ada kekurangan dalam praktik wudu yang dilakukan temannya.

v  Mandi

*      Guru menjelaskan tata cara mandi yang benar
*      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pertanyan tentang tata cara mandi yang benar sebagaimana diterangkan oleh guru.
*      Guru menjelaskan keuntungan-keuntungan mandi apabila dilakukan dengan benar dan rutin.
*      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok, diminta untuk mendiskusikan dampak negatif jika anak tidak pernah mandi.
*      Siswa mempresentasikan secara sederhana hasil diskusi yang dilakukan antarkelompok. Kelompok lain memberikan masukan dengan bimbingan guru, maklum anak belum paham betul.

v  Istinja

*      Guru menjelaskan dengan bahasa yang sederhana tentang tata cara istinja setelah buang air kecil maupun air besar.
*      Guru menjelaskan tentang dampak positif dan negatif tentang istinja
*      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk selalu melakukan istinja secara rutin agar terjaga kesehatannya.

v  Tayamum

*      Guru menjelaskan bahwa tayamum adalah bersuci dengan menggunakan debu sebagai gantinya wudu atau mandi apabila ada uzur yang memperbolehkannya melakukan tayamum. Misalnya, sakit tidak boleh menggunakan air.
*      Guru menjelaskan tata cara tayamum sebagai gantinya wudu dan mandi dengan benar.
*      Siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan mengenai keterangan guru yang belum jelas.
*      Guru memberikan contoh tata cara tayamun dengan benar.
*      Siswa diminta mempraktikkan tayamum seperti yang telah dicontohkan oleh guru.
*      Guru mengamati praktik siswa yang melakukan tayamum serta memberikan penjelasan lebih lanjut jika masih ada kesalahan.

IX. Penutup (Tindak Lanjut)

1.      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.      Guru memberikan penilaian kepada siswa yang bisa menjawab
4.      Guru memberikan tugas tersruktur dan kegiatan mandiri  terstruktur
5.      Guru memberikan rencana ajar yang akan datang


X. Penilaian

v  Pembahasan mengenai penilaian meliputi dua hal, yaitu penilaian proses dan alat penilaian.

A. Penilaian Proses

v  Ketika berlangsung kegiatan belajar, guru mengamati seluruh siswa(aktivitas dan kemampuannya), kemudian mencatat siswa yang kurang aktif dan kurang mampu untuk diadakan tindak lanjut.

v  Pada akhirnya kegiatan belajar mengajar, guru mengadakan evaluasi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap pelajaran yang telah disampaikan.

B. Alat Penilaian

v  Menjawab pertanyaan
*      Menjawab pertanyaan yang telah disiapkan
*      Tes perbuatan yang berkaitan dengan bersuci (taharah)

v  Membuat simpulan

*      Setiap siswa disuruh berpikir mengenai dirinya sendiri. Selanjutnya, membuat simpulan yang menunjukkan bahwa dirinya sudah (belum) mengetahui dan mampu mempraktikkan bersuci seperti wudu, tayamum, istinja, dan mandi.

v  Presentasi penilaian
v  Ketepatan menjawab pertanyaan
v  Ketepatan membuat kesimpulan

Instrumen

1.      Jelaskan pengertian bersuci !
2.      Sebutkan 7 jenis air yang bisa digunakan untuk bersuci !
3.      Sebutkan 6 jenis benda yang bisa digunakan untuk bersuci !
4.      Sebutkan alat bersuci untuk tayamum !
5.      Sebutkan alat bersuci selain air untuk mensucikan najis !
6.      Sebutkan Istilah bersuci yang menggunakan , batu, daun, tisu dan kayu !
7.      Jelaskan cara bersuci dengan air !
8.      Jelaskan cara bersuci dengan menggunakan benda keras (batu, kayu, daun ) !
9.      Jelaskan cara melakukan tayamum !
Kunci jawaban    
1.    Pengertian bersuci ( thaharah ) adalah membersihkan dari hadats baik hadats besar maupun hadats kecil.
2.      Tujuh jenis air yang bisa digunakan untuk berwudhu : 1. Air hujan, 2. air laut, 3. air sungai, 4. Air sumur, 5. Air embun,  6. Air es  7. Mata air
3.     Benda yang bisa dipakai untuk bersuci diantaranya : 1. Air  2. Tanah  3. Baru  4. Dedaunan yang meresap air lagi halus, 5. Kertas yang mesesap air, 6. kayu
4.      Alat tayamum adalah dengan tanah yang yang suci dan hatus seperti tepung
5.  Benda yang bisa dipakai untuk nensucikan najis selain air diantaranya : 1. Tanah  2. Baru 3.Dedaunan yang meresap air lagi halus, 4. Kertas yang mesesap air
6.     Istilah-istilah bersuci: 
a.      Thaharah adalah untuk membersihkan hadats caranya dengan air dan tanah
b.  Istinja adalah untuk membersihkan  janis caranya dengan 1. Air  2. Tanah  3. Baru  4. Dedaunan yang meresap air lagi halus, 5. Kertas yang mesesap air
c.     Nadhafah adalah untuk membersihkan kotoran caranya dengan air, sapu, lap, dll.
7.   Gunakan air sesuai dengan kebutuhan, contoh membersihkan najis mutawasithas basuh dengan air hingga hilang ainnya, rasanya, baunya, mininal 1x basuhan sempurnanya 3x basuhan
8.   Gungakanlah batu yang halus atau benda keras yang lainnya oleskanlah benda tersebut ke tempat yang akan dibersihkan, hati-hati jangan sampai najis tersebut jangan sampai merember kepada tempat yang lainnya. Pengolisan minimal tiga batu per batunya 3 permukaan batu, tetapi jika belum bersih teruskanlah walaupun sudah habis tiga batu.
9.     Tata cara tayamum
-          Sediakanlah tanah yang suci juga buatkan seperti tepung
-          Hamparkan tanah tersebut di atas kain atau koran /alat lainnya yang suci ± 25x 25 Cm² .
-     Setelah terhampar tanah tersebut dengan rata langkah selanjutnya adalah letakkan kedua telapak tangan tersebut di atas tanah, tepukkan tetapi jangan sampaitanah dari tepukkan tangan tercampur dengan tanah yang terhampar
-     Usapkan tangan kiri ke muka sebelah kanan kemudian tangan kanan ke muka sebelah kiri sambil mengucapkan niat tayamum pada usapan pertama muka sebelah kanan, tepukkan tangan tiga kali untuk membersihkan bekas debu di tangan
-   Langkah selanjutnya letakkan kedua telapak tangan pada hamparan debu yang belum terpakai, tepukkan seperti tadi kemudian tangan kiri mengusap tangan kanan sampai siku dan tangan kanan mengusap tangan kiri sampai siku.

Menyetujui,                                                                                             Cilopang,   Juli 2011
         Kepala Sekolah                                                                                                   GPAI



       YOYO, A.Ma.Pd.                                                                                          AMIN, S. Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002                                                                     NIP. 19631101 198610 1 001





                    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Satuan Pendidikan             : SD Negeri Cilopang
      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
      Kelas/Semester                  : I/ 1 (Satu)
      Alokasi Waktu                   : 6 x 30  menit ( 2 x pertemuan)
      KKM                                 : 63  

I.         Standar Kompetensi

5. Mengenal rukun Islam

II. Kompetensi Dasar

5.1 Menirukan ucapan rukun Islam
5.2 Menghafal rukun Islam

III. Indikator

1.      Siswa mampu menyebutkan arti Islam
2.      Siswa mampu menyebutkan istilah bagi orang yang sudah masuk islam
3.      Siswa mampu menjelaskan pengertian rukun islam
4.      Siswa mampu menyebutkan rukun Islam dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa hafal arti Islam
2.  Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan istilah bagi orang yang sudah masuk Islam
3.  Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menjelaskan pengertian rukun Islam
4. Setelah mendapatkan bimbingan dari guru dan mengucap ulang siswa mampu menyebutkan rukun Islam

V. Materi Ajar

v  Mengenal rukun Islam

VI. Uraian Materi

v  Islam artinya selamat atau tahapan atau tangga, orang yang memeluk agama islam di sebut muslim
v  Rukun Islam adalah lima perkara yang wajib dilakukan oleh setiap kaum muslimin bagi yang sudah mampu. Lima perkara tersebut adalah membaca syahadah, menegakkan salat, membayar zakat, puasa pada bulan Ramadan, dan menunaikan ibadah haji.

VII. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)

VIII. Sumber Belajar

1. Kurikulum KTSP
2. Buku Sumber PAI Kelas I SD
3. Pengetahuan Guru

IX. Langkah-Langkah Pembelajaran

A.    Kegiatan Awal (Persepsi)

v  Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan berdoa bersama.
v  Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membuka Al-Qur’an/ Zuz ‘Aamma atau sumber lainnya
v  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
v  Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti

v  Pengertian bersuci
*      Guru menjelaskan tujuan yang ingin dicapai setelah selesai kegiatan belajar-mengajar.
*   Guru memberikan pre-test dan siswa diberi motivasi untuk mengerjakan pre-test yang disediakan oleh guru.
*      Guru menjelaskan pengertian rukun Islam dengan pelan dan suara yang jelas.
*      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang rukun Islam.
*      Siswa dan guru berdialog tentang seputar rukun Islam agar penjelasan yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh siswa.
*      Guru memberikan contoh cara mengucapkan rukun Islam secara berurutan berulang-ulang
*   Siswa diminta menirukan ucapan urutan rukun Islam secara bergantian dengan temannya sehingga hafal benar.
*      Siswa diminta menghafalkan rukun Islam secara bergantian.
*      Siswa diminta menyebutkan salat fardu lima kali secara bergantian.
*    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas seputar rukun Islam.

X. Penutup (Tindak Lanjut)

1.      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
3.      Guru memberikan tugas tersruktur
4.      Guru memberikan penilaian kepada siswa yang bisa menjawab
5.      Guru memberikan rencana ajar yang akan datang

XI. Penilaian

v  Pembahasan mengenai penilaian meliputi dua hal, yaitu penilaian proses dan alat penilaian.

A.    Penilaian Proses

v  Ketika berlangsung kegiatan belajar, guru mengamati seluruh siswa(aktivitas dan kemampuannya), kemudian mencatat siswa yang kurang aktif dan kurang mampu untuk diadakan tindak lanjut.


v  Pada akhirnya kegiatan belajar mengajar, guru mengadakan evaluasi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa terhadap pelajaran yang telah disampaikan.

B. Alat Penilaian

v  Menjawab pertanyaan

*      Menjawab pertanyaan yang telah disiapkan
*      Tes perbuatan yang berkaitan dengan rukun Islam

v  Membuat simpulan

*      Setiap siswa disuruh berpikir mengenai dirinya sendiri. Kemudian, membuat simpulan yang menunjukkan bahwa dirinya sudah (belum) mampu menirukan ucapan dan menghafalkan rukun Islam.

v  Presentasi penilaian
v  Ketepatan menjawab pertanyaan
v  Ketepatan membuat simpulan


Instrumen

1.      Sebutkan arti Islam !
2.      Sebutkan istilah bagi orang yang sudah masuk islam !
3.      Jelaskan pengertian rukun islam !
4.      Sebutkan rukun Islam dengan benar !

Kunci jawaban
    
1.    Islam artinya selamat atau tahapan atau tangga, orang yang memeluk agama islam di sebut muslim
2.     Muslim
3.  Rukun Islam adalah lima perkara yang wajib dilakukan oleh setiap kaum muslimin bagi yang sudah mampu.
4.  Lima perkara tersebut adalah membaca syahadah, menegakkan salat, membayar zakat, puasa pada bulan Ramadan, dan menunaikan ibadah haji .



Menyetujui,                                                                                        Cilopang,   Juli 2011
         Kepala Sekolah                                                                                              GPAI



       YOYO, A.Ma.Pd.                                                                                        AMIN, S. Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002                                                                NIP. 19631101 198610 1 001








Tidak ada komentar: