KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
SD NEGERI
CILOPANG
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V I / Satu
Nilai KKM : 75
Tahun
Pelajaran : 2010 - 2011
No
|
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPERENSI
DASAR
INDIKATOR
|
KRITERIAKETUNTASAN
MINIMAL
|
NILAI
KKM
|
|||||
KRITERIA
PENILAIAN KETUNTASAN
|
IN
|
KD
|
SK
|
KET
|
||||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
||||||
1
|
Mengartikan Al Quran surat – surat
pendekpilihan
|
|
|
|
|
74
|
73
|
75
|
1.1
|
Membaca Al Quran surat Al Qodar dan
Al “Alaq ayat 1 - 5
|
|
|
|
|
|||
|
·
Siswa mampu membacakan surat al Qodar dengan Makhroj dan Tajwid yang
benar
|
73
|
78
|
74
|
75
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan hukum tajwid yang terdapat dalam surat Al
Qodar
|
71
|
76
|
72
|
73
|
|||
|
·
Siswa mampu membacakan surat Al ‘Alaq ayat 1-5
|
73
|
78
|
74
|
75
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan hukum tajwud yang terdapat dalam surat Al
‘Alaq ayat 1 - 5
|
72
|
77
|
73
|
74
|
|||
1.2
|
Mengartikan Al Quran surat Al Qodar
dan Al ‘Alaq ayat 1 – 5
|
|
|
|
|
72
|
||
|
·
Siswa mampu mengartikan surat Al Qodar
|
70
|
73
|
71
|
71
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan isi pokok surat Al Qodar
|
71
|
76
|
72
|
73
|
|||
|
·
Siswa mampu mengartikan surat Al ‘Alaq ayat 1 – 5
|
70
|
73
|
71
|
71
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan isi pokok surat Al ‘Alaq ayat 1 - 5
|
71
|
76
|
72
|
73
|
|||
2
|
Meyakini adanya hari akhir
|
|
|
|
|
74
|
76
|
|
2.1
|
Menyebutkan nama – nama hari akhir
|
|
|
|
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan pengertian hari akhir
|
71
|
76
|
72
|
73
|
|||
|
·
Siswa mampu menyebutkan 4 nama lain hari akhir
|
73
|
78
|
74
|
75
|
|||
|
·
Siswa mampu membacakan dalil tentang waktu hari akhir
|
70
|
75
|
71
|
72
|
|||
|
·
Siswa mampu menyebutkan dua macan jenis kiamat
|
74
|
79
|
75
|
76
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan tahapan kehidupan setelah hari akhir
|
72
|
77
|
73
|
74
|
|||
2.2
|
Menyebutkan tanda – tanda hari
akhir
|
|
|
|
|
78
|
||
|
·
Siswa mampu menyebutkan 5 contoh tanda – tanda kiamat sugro
|
75
|
80
|
76
|
77
|
|||
|
·
Siswa mampu menyebutkan 5 tanda – tanda kianat kubro
|
75
|
80
|
76
|
77
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan 5 hikmah iman kepada hari akhir
|
78
|
84
|
78
|
80
|
|||
3
|
Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al Kadzab
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Menceritakan perilaku Abu
Lahab dan Abu Jahal
|
|
|
|
|
76
|
76
|
|
|
·
Siswa mampu menjelaskan sejarah singkat Abu Lahab
|
73
|
78
|
74
|
75
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan pekerjaan istri Abu Lahab dalam menentang
dakwah nabi Muhammad SAW
|
75
|
80
|
76
|
77
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan prilaku Abu Jahal terhadap nabi Muhammad SAW
ketika berdakwah
|
74
|
79
|
75
|
76
|
|||
3.2
|
Menceritakanperilaku Musailamah Al
Kadzab
|
|
|
|
|
76
|
||
|
·
Siswa mampu menyebutkan nama asli Musailah Al Kadzab
|
76
|
80
|
78
|
78
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan perilaku Musailamah Al Kadzab dalam
menghancurkan Islam
|
75
|
80
|
76
|
77
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan wafatnya 70 orang penghafal Al Quran ketika
perang melawan pasukan Masailamah Al Kadzab
|
75
|
80
|
76
|
77
|
|||
4
|
Menghindari perilaku tercela
|
|
|
|
|
75
|
74
|
|
4.1
|
Menghindari dengki perilaku Abu Lahab
dan Abu Jahal
|
|
|
|
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan pengertian dengki
|
74
|
79
|
75
|
76
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan 5 bahaya sifat dengki
|
74
|
79
|
75
|
76
|
|||
|
·
Siswa mampu membacakan hadits tentang dengki
|
71
|
77
|
71
|
73
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan 5 cara menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari - hari
|
73
|
78
|
74
|
75
|
|||
4.2
|
Menghindari perilaku bohong
Musailamah Al Kadzab
|
|
|
|
|
73
|
||
|
·
Siswa mampu menjelaskan pengertian bohong
|
70
|
75
|
71
|
72
|
|||
|
·
Siswa mampu menyebutkan cara menghindari berbohong dalam perilaku
sehari – hari
|
72
|
77
|
73
|
74
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan alasan boleh berbohong
|
71
|
77
|
71
|
73
|
|||
|
·
Siswa mampu membacakan hadits alasan boleh berbohong
|
70
|
73
|
71
|
71
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan bahaya bohong
|
72
|
77
|
73
|
74
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan cara menghindari berbohong dalam perilaku sehari hari
|
72
|
77
|
73
|
74
|
|||
5
|
Mengenal ibadah puasa bulan
Ramadhan
|
|
|
|
|
75
|
76
|
|
5.1
|
Melaksanakan tarawih di bulan
Ramadhan
|
|
|
|
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan keagungan bulan Ramadhan
|
72
|
77
|
73
|
74
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan pengertian shalat tarawih
|
72
|
77
|
73
|
74
|
|||
|
·
Siswa mampu menyebutkan banyaknya rakaat shalat tarawih
|
74
|
79
|
75
|
76
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan banyaknya rakaat shalat witir
|
72
|
77
|
73
|
74
|
|||
|
·
Siswa mampu memjelaskan cara mengerjakan shalat tarawih
|
75
|
80
|
76
|
77
|
|||
5.2
|
Melaksanakan tadarus Al Quran
|
75
|
80
|
76
|
|
77
|
||
|
·
Siswa mampu menjelaskan pengertian tadarus
|
74
|
79
|
75
|
76
|
|
|
|
|
·
Siswa mampu menyebutkan manfaat tadarus Al Quran
|
75
|
80
|
76
|
77
|
|||
|
·
Siswa mampu menjelaskan adab tadarus
|
76
|
80
|
78
|
78
|
Menyetujui Cilopang , 18 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru PAI
YOYO, A.Ma.Pd. AMIN,
S.Ag.
NIP.
19580321 197803 1 002 NIP. 19631101 198610 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar