|
Standar
Kompetensi : 1, 2, 3, 4, 5.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
|||||||
Kegiatan
Penilaian
|
Jenis
Penilaian
|
||||||||||||
Uraian
Kegiatan
|
TM
|
PT
|
KMTT
|
Tes
|
PT
|
KMTT
|
Pengamatan
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
2.1 Membaca Al Quran
surat Al Lahab dan Al Kafirun
1.2
Mengartikan Al Quran surat Al Lahab dan AlKafirun
|
1.1.1 Siswa mapu membaca surat Al Lahab dengan makhroj yang benar
1.1.2 Siswa mampu
memjelaskan 3 hukum tajwid yang terdapat dalam surat Al Lahab
1.1.3 Siswa mampu membaca
surat Al Kafirun dengan makhroj yang benar
1.1.4 Siswa mampu memjelaskan 3 hukum tajwid yang terdapat
dalam surat Al Kafirun
1.2.1 Siswa mampu
menuliskan arti surat Al Lahab ayat demi ayat
1.2.2 Siswa mampu
melafalkan arti surat Al Lahab
1.2.3 Siswa mampu
menjelaskan isi pokok kandungan surat Al Lahan
1.2.4 Siswa mampu
menuliskan arti surat AlKafirun ayat demi ayat
1.2.5 Siswa mampu
melafalkan arti surat Al Kafirun
1.2.6 Siswa mampu
memjelaskan isi pokok kandungan surat Al Kafirun
|
Surat Al Lahab dan Al Kafirun
Arti surat Al Lahab dan Al Kafirun
|
Membaca dengan bimbingan
Menyimak
dengan bimbingan
Membaca dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Belajar tajwid di rumah
Menulis dengan bimbingan
membaca
dengan bimbingan
menyimpulkan
dengan bimbingan
Menulis dengan bimbingan
Membaca dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
|
Soal lisan
Ul Har
Soal lisan
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
|
√
|
15
|
AL
Qur’an dan Terjemah
Buku
PAI Kelas V
Tafsir
Jalain
Fathul
Madid
|
2.1 Menyebutkan nama –
nama kitab Allah SWT
2.2 Menyebutkan nama –
nama Rasul yang menerima kitab – kitab Allah SWT
2.3
Menjelaskan Al Quran sebagai kitab suci terakhir
|
2.1.1 Siswa mampu
menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT / kitab suci
2.1.2 Siswa mampu
menjelaskan pengertian kitan Allah SWT/kitab suci
2.1.3 Siswa mampu
menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
2.1.4 Siswa mampu
memjelaskan isi pokok kitab suci / kitab Allah SWT
2.1.5 Siswa mampu
menyebutkan nama kitab yang tidak dibukukan
2.2.1 Siswa mampu
menyebutkan nama – nama Rasul yang menerima kitab suci Allah beserta nama
kitabnya
2.2.2 Siswa mampu
menjelaskan tujuan Allah menurunkan kitab suci
2.3.1 Siswa mampu
menjelaskan pengertian kitab suci Al Quran
2.3.2 Siswa mampu
menyebutkan waktu lamanya Al Quran diturunkan
2.3.3 Siswa mampu
menyebutkan periode turunnya Al Quran
2.3.4 Siswa mampu
memjelaskan hikmah diturunkan Al Quran secara berangsur – rangsur
2.3.5 Siswa mampu
menyebutkan 5 macam nama lain Al Quran
2.3.6 Siswa mampu
menyebutkan isi pokok kandungan Al Quran
|
Iman kepada kitab-kitab suciAllah SWT
Nama-nama Rasul yang menerima kitab suci Allah SWT
Al Qur’an sebagaikitab suci terakhir
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Menyimak
dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengumpulkan
dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
|
√
|
6
|
Buku PAI Kelas V & yang
Relevan
Ulumul Qur’an
|
3.1 Menceritakan kisah
nabi Ayub AS
3.2 Menceritakan kisah
nabi Musa AS
3.3
Menceritakan kisah nabi Isa AS
|
3.1.1 Siswa mampu
menceritakan kisah nabi Ayub AS
3.1.2 Siswa mampu
menyebutkan ujian yang diterima oleh nabi Ayub AS
3.1.3 Siswa mampu
menyebutkan sikap nabi Ayub AS dalam menghadapi ujian
3.2.1 Siswa mampu
menceritakan kisah nabi Musa AS
3.2.2 Siswa mampu
menjelaskan pertemuan nabi Musa As dengan nabi Syuaib AS
3.2.3 Siswa mampu
menyebutkan dua macam mukjizat yang dimiliki oleh nabi Musa AS
3.3.1 Siswa mampu
menceritakan kisah nabi Isa AS
3.3.2 Siswa mampu
menyebutkan mukjizat nabi Isa As
|
Kisah Nabi Ayyub AS
Kisah Nabi Musa AS
Kisah Nabi Isa AS
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
|
√
|
√
√
√
|
6
|
Buku PAI Kelas V
SKI
Kisah Para Rasul
|
4.1 Meneladani kisah nabi
Ayub AS
4.2 Meneladanikisah nabi
Musa AS
4.3
Meneladani kisah nabi Isa AS
|
4.1.1 Siswa mampu
menjelaskan kesabaran nabi Ayub AS ketika diberi musibah
4.1.2 Siswa mampu
menjelaskan sifat yang dimiliki nabi Ayub AS
4.2.1 Siswa mampu
menjelaskan 4 sifat yang dimiliki nabi Musa AS
4.3.1 Siswa mampu
menjelaskan 4 sifat yang dimiliki nabi Isa AS
|
Ketaatan dan ketabahan Nabi Ayyub AS
Keberadaan dan ketabahan Nabi Musa AS
Keteladanan Nabi Isa AS
|
Menyimak
dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak
dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak
dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
|
√
|
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
|
√
√
√
√
|
|
|
√
√
√
|
6
|
Buku PAI Kelas V
SKI
Kisah Para Rasul
|
5.1 Melafalkan lafadz
adzan dan iqomah
5.2 Mengumandang kan adzan dan iqomah
|
5.1.1 Siswa mampu
menjelaskan pengertian adzan
5.1.2 Siswa mampu
melafalkan adzan dengan tajwid dan makhraj yang benar
5.1.3 Siswa mampu
melafalkan adzan dengan lantunan yang benar
5.1.4 Siswa mampu
menjelaskan pengertian iqomah
5.1.5 Siswa mampu
melafalkan iqomah dengan tajwid dan makhroj yangbenar
5.2.1 Siswa mampu
mengumandangkan adzan dengan lantunan yang benar
5.2.2 Siswa mampu
mengumandangkan iqomah dengan benar
|
Lafal azan dan iqomah
Praktek azan dan iqomah
|
Menyimak
dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Menyimak
dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Melafalkan
dengan bimbingan
Mengumandangkat dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
|
Ul Har
Soal Lisan
Soal Lisan
Ul Har
Soal Lisan
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
|
|
√
|
√
|
15
|
Buku PAI Kelas V
Fathul Qorib
Kifayatul Akhyar
|
Mengetahui / menyetujui Cilopang, 14 Juli 2011
Kepala Sekolah GPAI
YOYO, A.Ma.Pd. AMIN, S.Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002 NIP. 19631101 198610 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar