|
Standar Kompetensi : 1, 2, 3, 4, 5.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||||||
Kegiatan Penilaian
|
Jenis Penilaian
|
||||||||||||
Uraian Kegiatan
|
TM
|
PT
|
KMTT
|
Tes
|
PT
|
KMTT
|
Pengamatan
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
1.1 Mengenal huruf hijaiyah
1.2 Mengenal tanda baca ( harokat )
|
1.1.1
Siswa mampu melafalkan huruf hijaiyah dari alif sampai ya dengan benar
1.2.1
Siswa mampu menyebutkan 8 tanda baca
1.2.2
Siswa mampu memjelaskan pengertian dasar harokat
1.2.3
Siswa mampu menjelaskan pengertian dasar tanwin
1.2.4
Siswa mampu memjelaskan pengertian dasar sukun
1.2.5
Siswa mampu memjelaskan pengertian dasar sasydid
1.2.6
Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah
1.2.7
Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berdarokat fathah, kasroh
1.2.8
Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah dhamah
1.2.9
Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah,kasroh, dhamah
1.2.10
Siswa mampu membaca huruf latin ke huruf arab sebanyak 10 kata
|
Huruf Hijaiyah
Tanda baca
( Harokat )
|
Mengucap ulang huruf hijaiyyah dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Melafalkan huruf Hijaiyyah di rumah
Menyimak
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
|
Soal lisan
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
|
15
|
Al Quran &
terjemah
Buku kelas II dan
Sumber yang Relevan
|
|
2.1 Menyebutkan lima
asmaul husna
|
2.1.1
Siswa mampu memjelaskan pengertian asmaul husna
2.1.2
Siswa mampu menyebutkan jumlah asmaul husna
2.1.3
Siswa mampu menyebutkan 5 asmaul husna Ar Rohman, Ar Rohim, Al Ahad,
Al Malik, As Shamad
|
Asmaul Husna
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyebutkan jumlah Asmaul Husna
Melafalkan lima Asmaul Husna
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
|
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
|
√
|
9
|
Buku kelas II dan
Sumber yang Relevan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
2.2 Mengartikan 5 asmaul husna
|
2.2.1 Siswa mampu menyebutkan arti Ar
Rohman
2.2.2 Siswa mampu menyebutkan arti Ar
Rohim
2.2.3 Siswa mampu menyebutkan arti Al
Ahad
2.2.4 Siswa mampu menyebutkan arti Al
Malik
2.2.5 Siswa mampu menyebutkan arti As
Shamad
|
Mengatrikan
Asmaul Husna
|
Mengartikan
Ar Rohman
Mengartikan
Ar Rohim
Mengartikan
Al Ahad
Mengatrikan
Al Malik
Mengartikan
As Shamad
Mengerjakan
LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
|
√
|
Ul har
Ul har
Ul har
Ul har
Ul har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
|
√
|
|||||
3.1
Menampilkan perilaku rendah hati
3.2
Menampilkan perilaku hidup sederhana
3.3
Menampilkan adab buang air besar dan kecil
|
3.1.1
Siswa mampu menyebutkan pengertian rendah hati
3.1.2
Siswa mampu menyebutkan 4 ciri perilaku rendah hati
3.1.3
Siswa mampu menyebutkan keuntungan orang yang rendah hati
3.2.1
Siswa mampu memjelaskan pengertian hidup sederhana
3.2.2
Siswa mampu menyebutkan
keuntungan perilaku hidup sederhana
3.3.1
Siswa mampu menyebutkan adab buang air
3.3.2
Siswa mampu melafalkan doa masuk WC
3.3.3
Siswa mampu melafalkan doa keluar WC
|
Perilaku rendah hati
Perilaku hidup sederhana
Adab buang air besar dan kecil
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dan mengumpulkan data
Menyimpulkan
Mengerjakan
LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan
LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafakkan dengan bimbingan
Mengerjakan
LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
|
9
|
Buku kelas II dan Sumber yang Relevan
|
|||
4.1
Membiasakan wudlu dengan tertib
4.2 Membaca doa setelah wudlu
|
4.1.1
Siswa mampu menjelaskan pengertian wudlu
4.1.2
Siswa mampu menyebutkan rukun wudlu
4.1.3
Siswa mampu menyebutkan sunat wudlu
4.1.4
Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu
4.1.5
Siswa mampu melafalkan niat wudlu
4.1.6
Siswa mampu mempraktekkan berwudlu
4.2.1 Siswa mampu melafalkan doa setelah berwudlu
|
Tata cara berwudhu
Doa setelah berwudhu
|
Menyimak dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mempraktekkan dengan bimbingan
Mengerjakan
LKS di rumah
Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan
LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
9
|
Buku kelas II dan Sumber yang Relevan
|
|||
5.1
Melafalkan bacaan shalat
5.2 Menghafal bacaan shalat
|
5.1.1
Siswa mampu melafalkan niat shalat subuh
5.1.2
Siswa mampu melafalkan niat shalat dhuhur
5.1.3
Siswa mampu melafalkan niat shalat asar
5.1.4
Siswa mampu melafalkan niat shalat magrib
5.1.5
Siswa mampu melafalkan niat shalat isa
5.1.6
Siswa mampu melafalkan takbiratul ihrom
5.1.7
Siswa mampu melafalkan doa iftitah
5.1.8
Siswa mampu melafalkan surat Al Fatihah
5.1.9
Siswa mampu melafalkan salah satu surat pendek
5.1.10
Siswa mampu melafalkan bacaan ruku
5.1.11
Siswa mampu melafalkan bacaan itidal
5.1.12
Siswa mampu melafalkan bacaan sujud
5.1.13
Siswa mampu melafalkan bacaan duduk diantara dua sujud
5.1.14
Siswa mampu melafalkan bacaan tasyahud awal
5.1.15
Siswa mampumelafalkan bacaan tasyahud akhir
5.2.1 Siswa mampu melafalkan bacaan shalat dari awal sampai
akhir
|
Bacaan sholat
Hafalan bacaan sholat
|
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menghafal dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Soal Lisan
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Soal Lisan
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
9
|
Buku kelas II dan Sumber yang Relevan
|
Mengetahui
/ menyetujui Cilopang, 14 Juli 2011
Kepala Sekolah GPAI
YOYO, A.Ma.Pd. AMIN,
S.Ag.
NIP. 19580321
197803 1 002 NIP. 19631101 198610 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar