Powered By Blogger
"SELAMAT DATANG DI BLOG CORETAN GURU"

Senin, 31 Oktober 2011

SILABUS PAI SD KELAS II Smr I




SILABUS
 
Kelas / Semester              :    II / 1 (satu)                                                   
Standar   Kompetensi  :  1, 2, 3, 4, 5.                                       
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Kegiatan Penilaian
Jenis Penilaian
Uraian Kegiatan
TM
PT
KMTT
Tes
PT
KMTT
Pengamatan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
1.1  Mengenal huruf hijaiyah





1.2  Mengenal tanda baca  ( harokat )
1.1.1       Siswa mampu melafalkan huruf hijaiyah dari alif sampai ya  dengan benar





1.2.1       Siswa mampu menyebutkan 8 tanda baca
1.2.2       Siswa mampu memjelaskan pengertian dasar harokat
1.2.3       Siswa mampu menjelaskan pengertian dasar tanwin
1.2.4       Siswa mampu memjelaskan pengertian dasar sukun
1.2.5       Siswa mampu memjelaskan pengertian dasar sasydid
1.2.6       Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah
1.2.7       Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berdarokat fathah, kasroh
1.2.8       Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah dhamah
1.2.9       Siswa mampu membaca huruf hijaiyah berharokat fathah,kasroh, dhamah
1.2.10    Siswa mampu membaca huruf latin ke huruf arab sebanyak 10 kata
Huruf Hijaiyah





Tanda baca
( Harokat )


Mengucap ulang huruf hijaiyyah dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Melafalkan huruf Hijaiyyah di rumah
Menyimak
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak  dengan bimbingan
Menyimak  dengan bimbingan
Menyimak  dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah














































Soal lisan


Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har

Ul Har

Ul Har

Ul Har

Soal lisan

Soal lisan

Soal lisan

Soal lisan

Soal lisan

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian

































































15
Al Quran & terjemah
Buku kelas II dan Sumber yang Relevan
2.1 Menyebutkan lima asmaul husna
2.1.1       Siswa mampu memjelaskan pengertian asmaul husna
2.1.2       Siswa mampu menyebutkan jumlah asmaul husna

2.1.3       Siswa mampu menyebutkan 5 asmaul husna Ar Rohman, Ar Rohim, Al Ahad, Al Malik, As Shamad
Asmaul Husna
Menyimak dengan bimbingan
Menyebutkan jumlah Asmaul Husna
Melafalkan lima Asmaul Husna
Mengerjakan LKS di rumah














Ul Har

Ul Har

Ul Har

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian






















9
Buku kelas II dan Sumber yang Relevan







1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
2.2  Mengartikan 5 asmaul husna
2.2.1      Siswa mampu menyebutkan arti Ar Rohman  

2.2.2      Siswa mampu menyebutkan arti Ar Rohim
2.2.3      Siswa mampu menyebutkan arti Al Ahad
2.2.4      Siswa mampu menyebutkan arti Al Malik
2.2.5      Siswa mampu menyebutkan arti As Shamad
Mengatrikan Asmaul Husna









Mengartikan Ar Rohman
Mengartikan Ar Rohim
Mengartikan Al Ahad
Mengatrikan Al Malik
Mengartikan As Shamad
Mengerjakan LKS di rumah

















Ul har

Ul har
Ul har
Ul har
Ul har

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian

















3.1     Menampilkan perilaku rendah hati







3.2     Menampilkan perilaku hidup sederhana






3.3     Menampilkan adab buang air besar dan kecil

3.1.1      Siswa mampu menyebutkan pengertian rendah hati
3.1.2      Siswa mampu menyebutkan 4 ciri perilaku rendah hati
3.1.3      Siswa mampu menyebutkan keuntungan orang yang rendah hati




3.2.1      Siswa mampu memjelaskan pengertian hidup sederhana
3.2.2      Siswa  mampu menyebutkan keuntungan perilaku hidup sederhana





3.3.1      Siswa mampu menyebutkan adab buang air

3.3.2      Siswa mampu melafalkan doa masuk WC

3.3.3      Siswa mampu melafalkan doa keluar WC
Perilaku rendah hati








Perilaku hidup sederhana







Adab buang air besar dan kecil






Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dan mengumpulkan data
Menyimpulkan
Mengerjakan LKS di rumah



Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah



Menyimak dengan bimbingan
Melafalkan  dengan bimbingan
Melafakkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah















































Ul Har

Ul Har

Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian

Ul Har

Ul Har

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian

Ul Har

Ul Har

Ul Har

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian



















































9
Buku kelas II dan Sumber yang Relevan
4.1     Membiasakan wudlu dengan tertib













4.2     Membaca doa setelah wudlu
4.1.1      Siswa mampu menjelaskan pengertian wudlu

4.1.2      Siswa mampu menyebutkan rukun wudlu

4.1.3      Siswa mampu menyebutkan sunat wudlu

4.1.4      Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu
4.1.5      Siswa mampu melafalkan niat wudlu

4.1.6      Siswa mampu mempraktekkan berwudlu





4.2.1   Siswa mampu melafalkan doa setelah berwudlu
Tata cara berwudhu














Doa setelah berwudhu

Menyimak dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mempraktekkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah


Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah































Ul Har

Ul Har

Ul Har

Ul Har

Ul Har

Ul Har

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian































9
Buku kelas II dan Sumber yang Relevan
5.1     Melafalkan bacaan shalat

































5.2     Menghafal bacaan shalat
5.1.1      Siswa mampu melafalkan niat shalat subuh

5.1.2      Siswa mampu melafalkan niat shalat dhuhur

5.1.3      Siswa mampu melafalkan niat shalat asar

5.1.4      Siswa mampu melafalkan niat shalat magrib

5.1.5      Siswa mampu melafalkan niat shalat isa

5.1.6      Siswa mampu melafalkan takbiratul ihrom

5.1.7      Siswa mampu melafalkan doa iftitah

5.1.8      Siswa mampu melafalkan surat Al Fatihah

5.1.9      Siswa mampu melafalkan salah satu surat pendek

5.1.10   Siswa mampu melafalkan bacaan ruku

5.1.11   Siswa mampu melafalkan bacaan itidal

5.1.12   Siswa mampu melafalkan bacaan sujud

5.1.13   Siswa mampu melafalkan bacaan duduk diantara dua sujud
5.1.14   Siswa mampu melafalkan bacaan tasyahud awal

5.1.15   Siswa mampumelafalkan bacaan tasyahud akhir






5.2.1  Siswa mampu melafalkan bacaan shalat dari awal sampai akhir
Bacaan sholat

































Hafalan bacaan sholat

Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah



Menghafal dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah































































Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Soal Lisan

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian

Soal Lisan

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian






























































9
Buku kelas II dan Sumber yang Relevan


     Mengetahui / menyetujui                                                                                      Cilopang, 14 Juli 2011
Kepala Sekolah                                                                                                     GPAI



       YOYO, A.Ma.Pd.                                                                                            AMIN, S.Ag.
  NIP. 19580321 197803 1 002                                                                  NIP. 19631101 198610 1 001

Tidak ada komentar: