|
Standar
Kompetensi : 1, 2, 3, 4, 5.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
|||||||
Kegiatan
Penilaian
|
Jenis
Penilaian
|
||||||||||||
Uraian
Kegiatan
|
TM
|
PT
|
KMTT
|
Tes
|
PT
|
KMTT
|
Pengamatan
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
1.1 Membaca Al Quran
surat Al Qodar dan Al “Alaq ayat 1 – 5
1.2
Mengartikan Al Quran surat Al Qodar dan Al ‘Alaq ayat
1 – 5
|
1.1.1 Siswa mampu
membacakan surat al Qodar dengan Makhroj dan Tajwid yang benar
1.1.2 Siswa mampu
menjelaskan hukum tajwid yang terdapat dalam surat Al Qodar
1.1.3 Siswa mampu
membacakan surat Al ‘Alaq ayat 1-5
1.1.4 Siswa mampu
menjelaskan hukum tajwid yang terdapat dalam
surat Al ‘Alaq ayat 1 – 5
1.2.1 Siswa mampu mengartikan
surat Al Qodar
1.2.2 Siswa mampu
menjelaskan isi pokok surat Al Qodar
1.2.3 Siswa mampu
mengartikan surat Al ‘Alaq ayat 1 – 5
1.2.4 Siswa mampu
menjelaskan isi pokok surat Al ‘Alaq ayat 1 - 5
|
Al Qodar
Al ‘Alaq
Arti Al Qodar
Arti Al ‘Alaq
|
Membaca dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Membaca dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Belajar tajwid di rumah
Mengartikan dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Mengartikan dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
|
Soal lisan
Ul Har
Soal lisan
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
|
15
|
Al
Qur’an & Terjemah
Buku
PAI Kelas VI
Ibnu
Katsir
Falhul
Madid
|
|
2.1
Menyebutkan nama – nama hari akhir
2.2
Menyebutkan tanda – tanda hari akhir
|
2.1.1 Siswa mampu
menjelaskan pengertian hari akhir
2.1.2 Siswa mampu
menyebutkan 4 nama lain hari akhir
2.1.3 Siswa mampu
membacakan dalil tentang waktu hari akhir
2.1.4 Siswa mampu
menyebutkan dua macan jenis kiamat
2.1.5 Siswa mampu
menjelaskan tahapan kehidupan setelah hari akhir
2.2.1 Siswa mampu
menyebutkan 5 contoh tanda – tanda kiamat sugro
2.2.2 Siswa mampu
menyebutkan 5 tanda – tanda kianat kubro
2.2.3 Siswa mampu
menjelaskan 5 hikmah iman kepada hari akhir
|
Nama – nama Hari Kiamat
Tanda – tanda kiamat
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Mengurut dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Mencari contoh dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
6
|
Buku PAI Kelas VI
& yang Relevan
|
|||
3.1
Menceritakan perilaku
Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2 Menceritakan perilaku Musailamah Al
Kadzab
|
3.1.1 Siswa mampu
menjelaskan sejarah singkat Abu Lahab
3.1.2 Siswa mampu
menjelaskan pekerjaan istri Abu Lahab dalam menentang dakwah nabi Muhammad
SAW
3.1.3 Siswa mampu
menjelaskan prilaku Abu Jahal terhadap
nabi Muhammad SAW ketika berdakwah
3.1.1 Siswa mampu
menyebutkan nama asli Musailah Al Kadzab
3.1.2 Siswa mampu
menjelaskan perilaku Musailamah Al Kadzab dalam menghancurkan Islam
3.1.3 Siswa mampu
menjelaskan wafatnya 70 orang penghafal Al Quran ketika perang melawan
pasukan Masailamah Al Kadzab
|
Abu Lahab dan Abu Jahal
Musailamah Al Kadzab
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
|
6
|
Buku PAIKelas VI
SKI
|
|
4.1
Menghindari dengki perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
4.2
Menghindari perilaku bohong Musailamah Al Kadzab
|
4.1.1 Siswa mampu
menjelaskan pengertian dengki
4.1.2 Siswa mampu
menjelaskan 5 bahaya sifat dengki
4.1.3 Siswa mampu
membacakan hadits tentang dengki
4.1.4 Siswa mampu
menjelaskan 5 cara menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari – hari
4.1.1 Siswa mampu
menjelaskan pengertian bohong
4.1.2 Siswa mampu
menyebutkan cara menghindari berbohong dalam perilaku sehari – hari
4.1.3 Siswa mampu
menjelaskan alasan boleh berbohong
4.1.4 Siswa mampu
membacakan hadits alasan boleh berbohong
4.1.5 Siswa mampu
menjelaskan bahaya bohong
4.1.6 Siswa mampu
menjelaskan cara menghindari berbohong
dalam perilaku sehari hari
|
Perilaku dengki
Perilaku Bohong
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Membaca dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Membaca dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
6
|
Buku PAIKelas VI
SKI
|
||
5.1
Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan
5.2
Melaksanakan tadarus Al Quran
|
5.1.1 Siswa mampu
menjelaskan keagungan bulan Ramadhan
5.1.2 Siswa mampu
menjelaskan pengertian shalat tarawih
5.1.3 Siswa mampu
menyebutkan banyaknya rakaat shalat tarawih
5.1.4 Siswa mampu
menjelaskan banyaknya rakaat shalat witir
5.1.5 Siswa mampu memjelaskan
cara mengerjakan shalat tarawih
5.1.1 Siswa mampu
menjelaskan pengertian tadarus
5.1.2 Siswa mampu
menyebutkan manfaat tadarus Al Quran
5.1.3 Siswa mampu
menjelaskan adab tadarus
|
Amalan di bulan Ramadlan
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menghitung rakaat dengan
bimbingan
Menghitung rakaat dengan bimbingan
mempraktekkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Praktek
Penilaian akhlak mulia dan
kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
|
15
|
Buku PAI Kelas VI
Fathul Muin
Kifayatul Akhyar
Kasyifah
|
Mengetahui / menyetujui Cilopang, 14 Juli 2011
Kepala Sekolah GPAI
YOYO, A.Ma.Pd. AMIN, S.Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002 NIP. 19631101 198610 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar