|
Standar Kompetensi : 1, 2, 3, 4.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
| |||||||
Kegiatan Penilaian
|
Jenis Penilaian
| ||||||||||||
Uraian Kegiatan
|
TM
|
PT
|
KMTT
|
Tes
|
PT
|
KMTT
|
Pengamatan
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
1.1 Membaca kalimat dalam Al Quran
1.2 Menulis kalimat dalam Al Quran
|
1.1.1 Siswa mampu membacakan tiga huruf bersambung berharokat an, in, un
1.1.2 Siswa mampu membacakan tiga huruf bersambung bertanda sukun pada salah satu hurufnya
1.1.3 Siswa mampu membacakan tiga huruf yang dirangkai bertanda syiddah
1.2.1 Siswa mampu menulis tiga huruf bersambung berharokat an, in , un
1.2.2 Siswa mampu menulis tiga huruf bersambung bertanda sukun pada salah satu hurufnya
1.2.3 Siswa mampu menulis tiga huruf yang dirangkai bertada siddah
|
Membaca Al Qur’an
Menulis Al Qur’an
|
Membaca 3 huruf bersambung berharokat dengan bimbingan
Membaca 3 huruf bersambung berkarokat dengan bimbingan
Membaca 3 huruf bersambung an,in,un dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Melafalkan 3 huruf huruf bersambung yang berharokat di rumah
Menulis 3 huruf bersambung berharokat dengan bimbingan
Menulis 3 huruf bersambung berkarokat dengan bimbingan
Menulis 3 huruf bersambung berkarokat dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Melafalkan 3 huruf huruf bersambung yang berharokat di rumah
|
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
√
|
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
√
|
15
|
Al Qur’an & Terjemah
Buku Kelas III dan Sumber yang Relevan
| |
2.1 Menyebutkan lima sifat wajib bagi Allah
2.2 Mengartikan 5 siwat wajib bagi Allah
|
2.1.1 Siswa mampu memjelaskan pengertian sifat wajib bagi Allah
2.1.2 Siswa mampu menyebutkan jumlah sifat wajib bagi Allah
2.1.3 Siswa mampu menyebutkan 5 sifat wajib bagi Allah. (Wujud, Qidam, Baqa, Mukhalafatul lillhawaditsi, Qiyamuhu binafsihi )
2.2.1 Siswa mampu menyebutkan arti wujud
2.2.2 Siswa mampumenyebutkan arti Qidam
2.2.3 Siswa mampu menyebutkan arti Baqa
2.2.4 Siswa mampu menyebutkan arti Mukhalafatul lilhawaditsi
2.2.5 Siswa mampu menyebutkan arti Qiyamuhu binafsihi
|
Lima sifat wajib bagi Alloh SWT
Arti lima sifat wajib Alloh SWT
|
Menyimak dengan bimbingan
Menghitung jumlah Sifat wajib
Melafalkan lima sifat wajib bagi Allah
Mengerjakan LKS di rumah
Mengartikan dengan bimbingan
Mengartikan dengan bimbingan
Mengartikan dengan bimbingan
Mengartikan dengan bimbingan
Mengartikan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
9
|
Kelas III dan Sumber yang Relevan
Tijan Daruri
| |||
3.1 Menampilkan perilaku percaya diri
3.2 Menampilkan perilaku tekun
3.3 Menampilkan perilaku hemat
|
3.1.1 Siswa mampu menjelaskan pengertian percaya diri
3.1.2 Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri orang yang percaya diri
3.1.3 Siswa mampu memjelaskan keuntungan percaya diri
3.1.4 Siswa mampu menjelaskan akibat tidak percaya diri
3.2.1 Siswa mampu menjelaskan pengertian tekun
3.2.2 Siswa mampu menjelaskan cici-ciri orang yang tekun
3.2.3 Siswa mampu menjelaskan keuntungan tekun
3.3.1 Siswa mampu menjelaskan pengertian hemat
3.3.2 Siswa mampu memjelaskan keuntungan hemat
3.3.3 Siswa mampu menjelaskan kerugian tidak hemat
3.3.4 Siswa mampu membacakan ayat Al Quran tentang kerugian orang yang tidak hemat
|
Perilaku percaya diri
Perilaku tekun
Perilaku hemat
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
|
9
|
Kelas III dan Sumber yang Relevan
| |||
4.1 Menghafal bacaan shalat
4.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacan shalat
|
4.1.1 Siswa mampu melafalkan niat
4.1.2 Siswa mampu melafalkan takbir
4.1.3 Siswa mampu melafalkan doa iftitah
4.1.4 Siswa mampu melafalkan Al Fatihah
4.1.5 Siswa mampu melafalkan bacaan ruku
4.1.6 Siswa mampu melafalkan bacaan itidal
4.1.7 Siswa mampu melafalkan bacaan sujud
4.1.8 Siswa mampu melafalkan bacaan duduk diantara dua sujud
4.1.9 Siswa mampu melafalkan bacaan tasyahud awal
4.1.10 Siswa mampu melafalkan bacaan tasyahud akhir
4.2.1 Siswa mampu melafalkan bacaan shalat dari awal sampai akhir yang diserasikan dengan gerakannya
|
Bacaan shalat
Keserasiaan gerakan dan bacaan shalat
|
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Praktek dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Mempraktekkan shalat dirumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
|
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Soal lisan
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Lisan dan Perbuatan
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
√
|
15
|
Kelas III dan Sumber yang Relevan
Kasyifah
Fathul Mu’in
|
Mengetahui / menyetujui Cilopang, 14 Juli 2011
Kepala Sekolah GPAI
YOYO, A.Ma.Pd. AMIN, S.Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002 NIP. 19631101 198610 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar