|
Standar Kompetensi : 1, 2, 3, 4, 5.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||||||
Kegiatan Penilaian
|
Jenis Penilaian
|
||||||||||||
Uraian Kegiatan
|
TM
|
PT
|
KMTT
|
Tes
|
PT
|
KMTT
|
Pengamatan
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
1.1 Membaca Al Quran surat Al Fatihah dengan lancer
1.2 Membaca
surat Al Quran surat Al Ikhlas
|
1.1.1
Siswa mampu membacakan surat Al Fatihah dengan harokat dan makhroj
yang benar
1.1.2
Memjelaskan tiga jenis hukum tajwid yang terdapat dalam surat Al
Fatihah
1.1.3
Siswa mampu mengartikan surat Al Fatihahayat demi ayat
1.1.4
Siswa mampu menulis ayat demi ayat surat Al Fatihah
1.2.1
Siswa mampu membacakan surat Al Ikhlas dengan harokat dan makhroj yang
benar
1.2.2
Siswa mampu menjelaskan tiga jenis hukum tajwid yang terdapat dalam
surat AlIkhlas
1.2.3
Siswa mampu mengartikan surat Al Ikhlas ayat demi ayat
1.2.4
Siswa mampu menulis ayat-ayat surat Al Ikhlas
|
Surat Al Fatihah
Surat Al Ikhlas
|
Membaca dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengartikan dengan bimbingan
Menulis dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Belajar tajwid di rumah
Membaca dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengartikan dengan bimbingan
Menulis dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Belajar tajwid di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
√
|
Soal lisan
Ul Har
Soal lisan
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
√
|
15
|
Al Quran dan terjenah
Buku PAI kelas IV
Fathul Majid
|
|
1.2
Menyebutkan sifat jaizbagi Allah SWT
2.2 Mengartikan
sifatjaiz bagi Allah SWT
|
1.2.1
Siswa mampu menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT
1.2.2
Siswa mampu menjelaskan perbedaan sifat jaiz dengan sifat wajib bagi
Allah SWT
2.1.1
Siswa mampu menyebutkan arti sifat jaiz bagi Allah SWT
2.1.2
Siswa mampu menyebutkan 2 contoh sifat jaiz bagi Allah SWT
|
Sifat Jaiz bagi Allah SWT
Arti sifat jaiz bagi Allah WST
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Mengartikan dengan bimbingan
Mencari contoh dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
|
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
|
√
√
√
√
|
√
√
|
6
|
Buku PAI Kelas IV
TiJan Daruri
Sanusiah
|
|||
3.1
Menceritakan kisah nabi Adam AS
3.2
Memceritakan kisah kelahiran nabi Muhammad SAW
3.3 Memceritakan perilaku
masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW
|
3.2.1
Siswa mampu menjelaskan kisah kejadian nabi Adam AS
3.2.2
Siswa mampu menjelaskan kisah nabi Adam AS sebagai makhluk yang paling
mulia
3.2.3
Siswamampu menceritakan kembali kisah nabi Adam ketika diturunkan ke
dunia secarasingkat
3.2.1
Siswa mampu menceritakan keadaan bangsa arab sebelum kelahiran nabi
Muhammad
3.2.2
Siswa mampu menyebutkan nasab/ keturunan nabi Muhammad SAW
3.3.1
Siswa mampu menceritakan nabi Muhammad sebagai anak yatimpiatu
3.3.2
Siswa mampu menyebutkan sifat-sifat yang dimiliki nabi Muhammad masa kanak-kanak
|
Kisah Nabi Adam As
Kisah kelahiran nabi Muhammad SAW
Kisah perilaku kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
√
|
6
|
Buku PAI Kelas IV
SKI
Kisah Para Rasul
|
|
4.1
Meneladani perilaku taubatnya nabi Adam AS
4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak
nabi Muhammad SAW
|
4.1.1
Siswa mampu menjelaskan kehidupan nabi Adam AS ketika di surga
4.1.2
Siswa mampu menjelaskan nabi Adam AS oleh Allah dikeluarkan dari surga
4.1.3
Siswa mampu menyebutkan pengertian taubat
4.1.4
Siswa mampu melafalkan doa taubatnya nabi Adam AS
4.2.1
Siswa mampu memjelaskan perilaku masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW
4.2.2
Siswa mampu menjelaskan sikap dan kepribadian nabi Muhammad SAW pada
masa kecil yang perlu diteladani
|
Keteladanan taubatnya Nabi Adam AS
Meneladani masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
Menyimak dengan bimbingan
menyimak dengan bimbingan
menyimak dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
|
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
6
|
Buku PAI Kelas IV
SKI
Kisah Para Rasul
|
||
5.1 Menyebutkan rukun shalat
5.2
Menyebutkan sunat – sunat shalat
5.3
Menyebutkan syarat syah dan syarat wajib shalat
5.4 Menyebutkan
hal – hal yang membatalkan shalat
|
5.1.1
Siswa mampu menjelaskan pengertian rukun shalat
5.1.2
Siswa mampu menyebutkan rukun 17 shalat
5.2.1
Siswa mampu menyebutkan sunat – sunat shalat
5.2.2
Siswa mampu membedakan antara rukun dan sunat shalat
5.2.3
Siswa mampu menjelaskan rukun fi’liyah
5.2.4
Siswa mampu menyebutkan 3 contoh rukun fi’liyah
5.2.5
Siswa mampu menjelaskan rukun qouliah
5.2.6
Siswa mampu menyebutkan 3 contoh rukun qouliyah
5.2.7
Siswa mampu menjelaskan sunat fi’liyah
5.2.8
Siswa mampu menyebutkan 3 contoh sunat fi’liyah
5.2.9
Siswa mampumenjelaskan sunat qouliyah
5.2.10
Siswa mampu menyebutkan 3 contoh sunat qouliyah
5.2.11
Siswa mampumenyebutka 5 contoh sunat shalat
5.3.1
Siswa mampu menyebutkan syarat syah shalat
5.3.2
Siswa mampumenyebutkan syarat wajib shalat
5.4.1
Siswa mampu menyebutkan hal – hal yang membatalkan shalat
|
Rukun salat
Sunnat salat
Syarat –syarat shalat
Yang membatalkan shalat
|
Menyimak dengan bimbingan
Melafalkan dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimpulkan dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mencari contoh dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mencari contoh dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mencari contoh dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mencari contoh dengan bimbingan
Mencari contoh dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
Menyimak dengan bimbingan
Mengerjakan LKS di rumah
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
√
|
√
√
|
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
Ul Har
Penilaian akhlak mulia dan kepribadian
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
|
√
|
√
|
√
√
|
15
|
Buku PAI Kelas IV
Kasyifah
Fathul Muin
Kifayatul Akhyar
|
Mengetahui / menyetujui Cilopang,
18 Juli 2011
Kepala Sekolah GPAI
YOYO, A.Ma.Pd. AMIN, S.Ag.
NIP. 19580321 197803 1 002 NIP. 19631101 198610 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar